Minggu, 03 Mei 2020


Tak terasa sudah menginjak bulan kedua kita #dirumahsaja. Bahkan saya baru menerima surat dari sekolah tentang perpanjangan masa #dirumahsaja karena pandemi Covid 19 ini. Siapa yang tak sedih, bingung dan bosa saat pekerjaan, sekolah dan segala aktivitas harus dibatasi agar tetap di rumah saja. Kuantitas interaksi sosialpun berkurang drastis, hanya berkomunikasi dengan orang lain saat benar-benar memiliki kepentingan dengan protokol kesehatan yang berlaku. Seperti memakai masker, tanpa bersalaman dan jaga jarak.

Tentu ada banyak hal yang dapat dilakukan di rumah agar sekeluarga tetap betah di rumah. Namun tetap saja saat rasa jenuh mendera semua berharap sama, agar panemi ini segera berakhir. Semua orang dapar beraktivitas seperti biasa, bekerja, bersekolah, dan berinteraksi sosial dengan tenang tanpa rasa khawatir.

Baca juga:

Semua orang tentu memiliki berbagai harapan yang ingin diwujudkan saat pandemi ini berakhir. Seperti bertemu seseorang, melakukan aktivitas tertentu, ataupun melakukan perjalanan ke suatu tempat yang diimpikan. Demikian dengan saya. Hanya ada satu tempat yang ingin saya kunjungi saat pandemi ini berakhir. Bukan berarti saya tak ingin ke berbagai tempat wisata atau pusat belanja yang selama dua bulan ini tak bisa dikunjungi.

Saat pandemi berakhir, tempat pertama yang saya sekeluarga ingin kunjungi adalah rumah kedua orang tua di Jepara dan Purbalingga. Terakhir saya bertemu dengan orang tua pada bulan Januari, sudah lama sekali bukan? Meski kami sering berkomunikasi lewat telepon dan video call tetaplah silaturahmi secara langsung merupakan sebuah keharusan. Selagi kami masih memiliki orang tua yang menyayangi dan kami harapkan doa-doa tulusnya. Biasanya saat lebaran tiba, selain bersilaturahmi dengan orang tua kami juga mengunjungi saudara di beberapa kota, yang tahun ini karena pandemi tidak bisa kami lakukan. Setelah dapat mengunjungi orang tua dan saudara baru kami sekeluarga merencanakan perjalanan ke tempat-tempat yang lain.

Semoga pandemi ini berakhir dan situasi kembali normal. Dimana masjid kembali difungsikan sebagai tempat ibadah, saat kita bisa berkumpul bersama tanpa ada rasa kekhawatiran akan tertular virus, dan saat kita semua tidak mengalami kesulitan untuk belajar serta mencari nafkah untuk keluarga. Pandemi ini mengajarkan banyak hal, bukan hanya tentang kebersihan dan kesehatan namun juga berharganya waktu. Selagi bisa kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin, menebarkan kebaikan kapanpun dan dimanapun, karena kita tidak tahu kapan masa terakhir kita hidup. Dan semoga saat pandemi ini berakhir kita dapat hidup menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Lathifah's Blog . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates