Selasa, 05 Mei 2020


Memiliki 3 anak dan balita membuat saya harus dapat mengatur waktu dan menu. Khususnya selama bulan ramadhan ini saya membuat beberapa menu untuk berbuka dan sahur yang bisa dimakan semua anggota keluarga. Ramadhan kali ini saya jarang pergi berbelanja ke tukang sayur sehingga harus menyetok bahan makanan untuk jangka waktu tertentu. Meski begitu, setiap hari saya memasak untuk berbuka agar masakan tetap fresh dan sehat.

Anak-anak sendiri cenderung menyukai masakan berkuah dan tidak terlalu pedas jadi saya menyediakan sambal terpisah untuk saya, suami dan si kakak yang suka makan pedas. Selain itu saya juga menyediakan cemilan dan buah segar atau jus  agar anak-anak tetap sehat dan cukup gizinya meski sedang berpuasa. Masakan bergizi tidak harus mahal selama kita bisa mengolah dan menyimpan makanan dengan baik.

Ada beberapa menu yang biasa saya siapkan untuk berbuka sekaligus sahur. Diantaranya:

Olahan ayam

Anak-anak menyukai berbagai olahan ayam seperti ayam goreng, ayam semur, ayam opor, soto ayam, atau sup ayam. Setelah dibersihkan ayam dikukus dengan jeruk nipis. Mengukus membuat kotoran ayam luruh. Setelah dikukus ayam dapat dibumbui tergantung selera.

Untuk ayam goreng, haluskan bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, lengkuas dan garam. Rebus ayam hingga bumbu meresap lalu goreng di minyak panas hingga matang. Rebusan ayam ini bisa disimpan di wadah tertutup dalam kulkas untuk digoreng saat sahur atau hari berikutnya. Ayam goreng ini nikmat ditemani lalapan dan sambal terasi.

Untuk ayam semur, setelah dikukus ayam lalu digoreng setengah matang. Setelah itu tumis bumbu halus bawang puting, kemiri, merica. Beri air secukupnya, daun jeruk, tuang ayam, gula merah, garam dan kecap. Anak-anak suka karena rasanya manis. Ayam semur ini bisa untuk berbuka sekaligus sahur.

Aneka Sup

Anak-anak suka sekali masakan berkuah. Sup ayam, sup sapi, sup ikan atau sup bakso makaroni merupakan salah satu menu favorit kami. Mengandung banyak gizi dari daging dan aneka macam sayuran. Cocok untuk anak-anak dan menu keluarga di masa pandemi ini. Bumbunya pun praktis, hanya bawang putih, merica, gula, garam dan bawang goreng. Saya biasanya membuat sekalian untuk sahur, sehingga sup cukup dihangatkan dan beri taburan bawang goreng. Rasanya yang gurih dan hangat membuat anak-anak semangat sahurnya.

Aneka gorengan

Ikan merupakan menu yang praktis, sehat dan bergizi. Biasanya saya membeli ikan lele, nila atau bandeng. Setelah dibersihkan, kucuri ikan dengan jeruk nipis/lemon, diamkan sejenak. Bumbui ikan dengan bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, garam lalu goreng. Selain ikan saya juga sering membuat tahu atau tempe goreng. Jika ingin menyimpan tahu, rebus tahu dengan sedikit garam lalu simpan dalam wadah tertutup. Tahu tempe juga menu yang praktis, murah, bergizi dan mudah didapat.

Itulah menu yang biasanya saya sajikan untuk keluarga. Apapun masakannya yang penting bergizi dan disukai semua anggota keluarga. Selama ramadhan kadang saya menyediakan menu tambahan seperti kolak, dawet cincau, jus buah, sup buah atau wedang uwuh. Semua tidak menggunakan es karena cuaca di tempat tinggal kami sudah cukup dingin.

Selamat menunaikan ibadah puasa, stay at home, stay healthy, semoga kita semua sehat selalu ^^

Lathifah's Blog . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates