Senin, 04 Mei 2020


"Bu, kapan bisa shalat di masjid lagi?"

Bukan sekali dua kali anak-anak kami menanyakan hal ini. Ramadhan adalah kabar gembira dan suka cita. Bulan istimewa sekali dalam setahun. Biasanya sebelum ramadhan kami silaturahmi orang tua dan mertua lalu selama ramadhan akan disibukkan dengan momen-momen yang tidak bisa ditemui di lebaran tahun ini. 

Tarawih bersama

Menjelang ramadhan biasanya kami mendapat selebaran jadwal takjil untuk berbuka dan selepas tarawih untuk jamaah yang tadarus Al Quran. Tahun ini tidak ada. Biasanya tarawih di hari-hari pertama ramadhan kami harus segera berangkat ke masjid karena biasanya awal ramadhan masjid dipenuhi jamaah. Tahun lalu, saya selalu memilih shaf paling belakang agar bisa mengawasi si kecil agar tidak berlarian di masjid. Setelah itu malam-malam ramadhan akan diramaikan oleh suara tadarus al Quran bersahut-sahutan dari berbagai masjid hingga menjelang tengah malam. Tahun ini kami tarawih bersama sekeluarga di rumah saja. Selepas adzan isya suasana sepi sekali.

Buka puasa bersama

Pernah suatu ketika kami mengadakan buka puasa bersama di rumah. Pernah juga ikut buka puasa bersama teman-teman sekantor suami beserta keluarganya. Tempat-tempat kuliner diramaikan dengan acara berbuka bersama. Jalan-jalan dipenuhi orang-orang yang berlalu lalang. Banyak tempat ngabuburit yang membuat suasana sore di bulan ramadhan menjadi penuh semarak. Tahun ini sebaliknya. Banyak tempat kuliner yang di tutup sampai waktu yang belum ditentukan.

Pesantren kilat

Ramadhan adalah momen seseorang belajar untuk menjadi sosok yang lebih baik. Memperbaiki shalat dan memperbaiki kualitas ibadah dimana bulan ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk belajar agama, dibimbing oleh guru yang alim dan mumpuni. Di tengah kesibukan yang padat, pesantren ramadhan atau pesantren kilat bisa menjadi oase untuk menyiram kembali rohani yang selama sebelas bulan cenderung disibukkan dengan urusan dunia. Bagi anak-anak pesantren kilat ini sangat menyenangkan karena mereka bisa mengaji dan buka bersama dengan banyak teman.

Baju baru dan Makanan Khas Lebaran

Saat lebaran, kita dianjurkan menggunakan baju terbaik meski bukan baju baru. Namun, membeli baju baru menjelang lebaran menjadi tradisi yang sulit dipisahkan. Baju baru menjadi simbol kasih sayang orang tua memberikan baju terbaik untuk anak-anaknya di hari raya. Hal ini membuat tingkat penjualan fashion muslim di bulan ramadhan sangat tinggi. Selain itu menjelang lebaran biasanya masyarakat mendapat parsel/bingkisan lebaran dari tempat mereka bekerja. Saat Idul Fitri, biasanya tersaji masakan khas lebaran seperti lontong opor, ketupat, sambal goreng ati, dan cemilan seperti aneka nastar dan biskuit. Adanya pandemi membuat banyak karyawan kehilangan pekerjaan, tingkat perekonomian menurun, sehingga daya beli pun menurun.

Shalat Idul Fitri

Setelah berpuasa selama sebulan dan membayar zakat fitrah, umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri  bersama yang biasanya dilakukan di masjid, alun-alun atau tempat yang lapang. Idul fitri menyimbolkan kesucian dimana kita diharapkan terlahir kembali menjadi manusia yang lebih baik dengan istiqomah menjalankan shalat, berpuasa sunah, bangun malam, menjaga lisan, dan mengeluarkan zakat/infak/sedekah. Karena pandemi, shalat Id tahun ini dianjurkan dilaksanakan di rumah masing-masing

Bersalaman

Selepas shalat Idul Fitri, biasanya dilanjutkan silaturahim dan bersalaman yang didahulukan pada orang tua atau keluarga yang dituakan. Pada tahun ini, kita kehilangan momen bersalam-salaman karena adanya protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan melarang berkumpul dan mengurangi kontak fisik.

Sedih. Banget. Biasanya selepas shubuh meski di rumah saya bisa mendengar ceramah shubuh bersahut-sahutan dari berbagai masjid hingga sekitar jam enam pagi. Tahun ini bulan ramadhan lebih sepi dari tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu semoga kita tetap semangat memperbanyak ibadah di rumah bersama keluarga. Dan semoga kita semua tahun depan bisa bertemu kembali dengan bulan ramadhan yang mulia dengan kondisi yang lebih baik. Semua aktivitas bisa kembali normal. Aamiin.


Lathifah's Blog . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates