Tips Hemat Lebaran Saat Pandemi


Tak terasa, Idul Fitri di depan mata. Meski demikian, rasanya berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami tidak mudik, libur sekolah anak-anak diperpanjang, dan pandemi ini membuat situasi dan konsisi berada dalam ketidakpastian. Hal ini membuat kita harus pintar berhemat dan mengatur keuangan dengan memangkas pos-pos yang tidak penting. Ada beberapa tips untuk tetap hemat saat lebaran di tengah pandemi yang tengah berlangsung. Diantaranya:

Tunda Mudik

Mudik merupakan tradisi yang sulit dipisahkan dari lebaran. Menjelang lebaran biasanya anggaran untuk akodomasi dan konsumsi selama perjalanan tidak sedikit. Kita bisa menunda untuk tidak mudik pada lebaran tahun ini. Selain sebagai ikhtiar mencegah penularan Covid-19, anggaran untuk alokasi mudik ini dapat ditabung untuk keperluan mendadak.

Berbelanja beberapa hari sekali

Setiap belanja kita akan bertemu banyak orang. Dengan membuat jeda belanja, kita bisa mengurangi resiko berkumpul dengan banyak orang, hemat waktu, dan hemat anggaran dimana sekali belanja dapat kita bagi untuk beberapa menu atau beberapa hari.

Baca juga


Berkebun

Beberapa waktu terakhir, banyak bersliweran tips ketahanan pangan dengan berkebun di rumah memanfaatkan lahan seadanya. Kita bisa memanfaatkan pot, styrofoam, polybag, kaleng, pipa atau ember untuk menanam dan memelihara ikan. Selain hasilnya yang dapat dinikmati langsung, berkebun juga dapat menghilangkan stress dan menjadi kesibukan yang menyenangkan saat harus #dirumahaja.

Menyiapkan kue lebaran seperlunya

Adanya peraturan pemerintah untuk physical and social distancing membuat ruang gerak silaturahmi terbatas. Jika biasanya kita menyiapkan banyak kue dan makanan untuk hidangan para tamu, pada lebaran kali ini kita bisa membuat kue sendiri di rumah atau membeli seperlunya saja.

Tidak membeli baju lebaran

Apakah teman-teman menyiapkan anggaran khusus untuk baju baru saat lebaran? Adanya pandemi membuat kita harus di rumah saja dan tidak perlu berdesak-desakan untuk membeli baju atau keperluan lebaran. Anggaran baju baru bisa dialokasikan ke yang lebih penting atau ditabung. Karena di rumah saja bisa menggunakan baju yang lama.

Berbisnis saat pandemi

Adanya anjuran untuk tetap di rumah bukan berarti menghambat kreativitas. Kita bisa tetap produktif dengan berbisnis. Usaha dalam bidang kuliner dan fashion misalnya, dapat dikerjakan dari rumah melalui promosi di sosial media. Apapun bidangmu, tetaplah produktif. Apalagi dengan adanya pandemi masyarakat banyak berinteraksi di media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk peluang usaha.

Tetap berbagi dan peduli

Hemat bukan berarti pelit. Hemat bukan berarti mengutamakan kepentingan sendiri. Saat pandemi, kepedulian kita diuji karena banyak orang yang kondisinya kurang beruntung. Tetap berusaha mengeluarkan zakat, infak, dan sedekah agar hidup kita lebih berkah.

Demikianlah tips hemat lebaran ala saya. Lebaran dengan sederhana tanpa kehilangan makna. Bagaimana dengan teman-teman, apakah memiliki tips lain?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau

Review. Roro Mendut Kulit Manggis Starter Package

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia