Menu Spesial di Hari Lebaran


Sejak berkeluarga, setiap lebaran kami mudik ke kampung halaman saya atau atau ke kampung halaman suami. Di hari terakhir puasa, biasanya ibu membuat ketupat dan bapak memotong ayam kampung untuk dibuat opor. Setelah shalat Idul Fitri biasanya kami menyantap ketupat opor sebelum bersilaturahmi dan bersalaman ke tetangga sekitar. Selain opor, biasanya ibu menyediakan ayam goreng, abon, sambal goreng dilengkapi lalapan dan kerupuk. Menu lebaran ini terasa istimewa karena merupakan sarapan pagi pertama bersama-sama keluarga di bulan syawal setelah berpuasa sebulan lamanya. Meski menunya sama dari tahun ke tahun tapi tidak pernah membosankan karena selain saya tinggal di beda kota dengan orang tua, momen lebaran memang terasa sangat berharga, karena dapat berkumpul bersama keluarga besar.

Di kampung halaman suami yang berada di daerah pantura, saat lebaran biasanya ibu mertua mengolah ayam kampung menjadi semur ayam.Selain itu  ibu akan memasak ketupat dan lepet di hari ketujuh setelah Idul Fitri yang dikenal dengan lebaran ketupat atau tradisi kupatan.  Konon tradisi ini telah dilakukan sejak tahun 1800-an.
Lepet merupakan makanan yang dibungkus janur dan terbuat dari beras ketan yang direbus bersama dengan ketupat. Lepet berasal dari kata "lepat" yang berarti maaf. Lepet ini dibungkus dengan tali bambu sehingga saat hendak memakan lepet talinya dilepas satu persatu. Maknanya meminta dan memberi maaf akan mengurai persoalan secara perlahan. Tradisi kupatan ini dilakukan di hari ketujuh setelah Idul Fitri karena setelah hari raya sebagian masyarakat langsung melakukan puasa Syawal selama enam hari.


Untuk menemani lepet dan kupat biasanya ibu mertua memasak daging kerbau. Daging ini dimasak semur daging, atau asem-asem daging. Karena tahun ini kami tidak mudik, maka tidak bisa menikmati opornya ibu dan semur dagingnya ibu mertua. Jadilah tahun ini menikmati menu lebaran masakan sendiri di rumah :D

Untuk menu lebaran saya membuat ketupat dan opor ayam. Setelah opor ayam habis saya membuat semur daging lalu pindang seruni khas Jepara. Untuk semurnya saya menggunakan daging sapi karena tidak ada daging kerbau di sini.

Bagimana dengan teman-teman, apa saja nih menu lebarannya? 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia

Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau

Review Kosmetik Organik Aquila Herb: Day Cream, Gamat Cream, dan Sabun Sereh