Aplikasi Bermanfaat Saat di Rumah Saja


Selama pandemi Covid-19 ini, keluarga kami menjadi lumayan sering menggunakan akses internet sehingga memasang akses wifi di rumah agar pengeluaran untuk internet lebih hemat karena suami work from home dan membantu anak-anak juga untuk tugas sekolah. Saya tidak menggunakan terlalu banyak aplikasi, hanya beberapa aplikasi yang menurut saya penting dan bermanfaat digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Ini dia aplikasi yang biasa saya gunakan.

Berkomunikasi dengan Whatsapp,Telegram, Facebook, dan Instagram

Sebagian besar masyarakat menggunakan aplikasi ini karena sangat membantu dalam berkomunikasi. Kita bisa menggunakan pesan tulisan, audio, dan video yang sangat bermanfaat selama pandemi ini. Karena kami tidak mudik, anak-anak sering sekali video call dengan simbahnya. Aplikasi ini juga membantu untuk para bakul online untuk menunjang usahanya melalui status atau grup jualan. Untuk urusan komunikasi, whtasapp ini bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan.

Selain whatsapp, saya juga menggunakan telegram karena mampu mengirim berbagai file lebih banyak dari whatsapp hingga 1.5 GB dan penyimpanan semua input melalui Cloud, jadi tidak menguras memori internal ponsel.

Saya juga menggunakan facebook dan instagram untuk mendapatkan informasi, peluang, resep dan tips. Seringnya sih mencari resep/tips di instagram karena kualitas gambarnya bagus.

Belajar dengan Ruangguru dan Perpusda

Ruangguru memang baru saya instal saat aplikasi ini menawarkan paket bebas akses 30GB, aplikasi ini memang diperuntukkan untuk anak-anak kami yang belajar di rumah. 

Sebelum pandemi, kami sekeluarga lumayan sering ke Perpustakaan daerah yang kini berubah nama menjadi Arpusda. Sejak pandemi, Arpusda pun tutup sehingga kami memanfaatkan aplikasinya untuk membaca buku dan mencari referensi-referensi ilmiah sambil mager di rumah. Selain aplikasi Perpusda ada juga Ipusnas, aplikasi perpustakaan digital dari Perpustakaan Nasional. Aplikasi ini dilengkapi eReader untuk membaca ebook.

Belanja dengan marketplace (Shopee, Tokopedia dan Bukalapak)

Ini salah satu aplikasi favorit di ponsel saya dan suami. Meski tidak selalu belanja, tapi seru juga liat-liat berbagai produk dan membandingkan harganya dengan marketplace lain. Saat ini kemudahan belanja begitu terasa, saya beberapa kali membeli perlengkapan dapur yang secara online yang kualitas dan harganya tidak mengecewakan. Selain itu saya juga berjualan online sehingga aplikasi ini mesti ada.

Grab

Ini aplikasi yang sangat membantu selama ini. Selama pandemi ini saya pernah memanfaatkan layanan go food saat bingung males mau masak apa. Apalagi selama ramadhan ini sangat membantu, saya bisa libur masak dan alokasi waktu untuk melakukan hal lain. Biasanya saya memesan masakan yang susah dimasak di rumah seperti seafood. Urusan masak menjadi praktis tanpa repot keluar rumah.

Baca novel dengan Wattpad dan Joylada

Berawal dari baca-baca cerbung di sebuah grup menulis di Facebook, yang kemudian penulisnya memiliki akun di Wattpad atau Joylada, saya pun jadi menginstal aplikasi ini agar tak ketinggalan akhir cerita. Aplikasi ini lumayan menghibur untuk baca-baca cerita secara gratis. Meski begitu saya cuma mengikuti 1-3 cerbung saja, soalnya habis waktunya maks kalau mengikuti banyak cerita di sana.

Wuaahh...ternyata banyak banget aplikasi di ponsel saya. Kadang saya berpikir apakah ponsel ini termasuk keinginan atau kebutuhan, karena saat ini ponsel menjadi bagian dari gaya hidup yang sangat membantu aktivitas sehari-hari. Teman-teman sendiri apa saja nih aplikasi yang digunakan selama di rumah aja? Yuk sharing di sini.

Terima kasih ^^


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia

Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau

Review. Roro Mendut Kulit Manggis Starter Package