Selasa, 28 April 2020


Bulan ramadhan adalah bulan istimewa yang ditunggu-tunggu sepanjang tahun. Tahun ini ramadhan menjadi sangat berbeda karena tidak ada tarawih di masjid, tidak ada acara buka bersama dan ngabuburit, dan yang paling sedih tidak ada acara mudik hiks. Meski demikian, semoga adanya pandemi Covid-19 ini bisa menambah semangat ibadah kita selama bulan ramadhan. Selain itu adanya anjuran untuk tetap di rumah saja mengajarkan kita bahwa ada harta yang sangat berharga bersama keluarga dan waktu bersama keluarga merupakan saat yang sangat bernilai. Ada dan tidaknya pandemi ini quality time bersama keluarga harus ada agar setiap anggota keluarga merasa bahagia dan memiliki arti. Selama bulan ramadhan ini karena kami #dirumahaja ada beberapa kegiatan seru yang kami lakukan bersama seperti:
Sahur dan berbuka bersama

Kalau tahun lalu si kecil Navid belum bisa berpuasa, tahun ini ia mulai berlatih puasa. Awalnya sampai jam sepuluh pagi, lalu bisa bertahan hingga puasa dhuhur, setelah itu puasa lagi sampai maghrib. Karena suami tidak dinas ke luar kota dan kami tidak ada acara bukber di luar, maka tahun ini alhamdulillah kami bisa menikmati sahur dan berbuka puasa bersama.

Beribadah bersama

Karena ramadhan tahun ini di rumah saja, kami bisa berjamaah sekeluarga lalu bertadarus bersama. Meski sebenarnya rindu sekali bisa berjamaah ke masjid seperti ramadhan sebelumnya.

Photo by Monkey Business from Pexels

Nonton bersama

Salah satu kegiatan seru kami yaitu nonton bareng. Si sulung suka menonton tentang astronomi dan sejarah, si tengah suka menonton kreativitas membuat kerajinan, dan si bungsu sukanya nonton Doraemon dan Ipin-Upin. Kadang anak-anak suka ramai berebut mana dulu yang kita tonton, dan quality time ini sangat terasa saat pandemi ini.

Olahraga bersama

Meski di rumah, har kitus tetap jaga kesehatan dong. Biasanya kami sekedar olahraga ringan sambil berjemur di pagi hari, atau menirukan senam melalui youtube. Masa-masa pandemi ini membuat kita memiliki waktu olahraga bersama keluarga.

Itulah kegiatan seru kami selama di rumah selama bulan ramadhan ini. Bagaimana dengan teman-teman? Semoga keluarga kita semua dalam keadaan sehat ya.^^
 
  • Gambar dari freepik diedit dengan canva

Lathifah's Blog . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates