Jika Pandemi Covid-19 Berakhir

Selama masa pandemi, semua orang menunggu dan bertanya-tanya dan berdoa penuh harapan agar pandemi ini segera berakhir. Rasanya lama sekali, merasakan bisa beraktivitas kemana-mana dengan ringan tanpa beban. Bisa bersosialisasi dengan banyak orang-orang tanpa kekhawatiran. Rindu itu pasti apalagi posisi kami sebagai perantau yang ramadhan tahun ini tidak bisa mudik dan mengunjungi orang tua dan keluarga di kampung halaman. Semua pasti merasakan bagaimana beratnya lebaran tanpa mudik di tahun ini karena larangan pemerintah sebagai salah satu upaya memutus rantai penularan wabah Covid-19. 
Kita semua berdoa, berharap dan terus berupaya agar pandemi ini segera berakhir sehingga kita bisa beraktivitas dengan normal kembali. Jika pandemi ini berakhir hal yang ingin saya lakukan diantaranya:
  • Bersilaturahmi dan mengunjungi keluarga

Meski teknologi memudahkan dalam berkomunikasi, whatsapp, video call, sosial media, tetaplah bertatap muka, berinteraksi secara langsung tidak dapat digantikan. Terutama pada orang tua kami yang telah memasuki usia senja. Sejak menikah, ini momen lebaran pertama kami tidak bersama orang tua. Sedih banget huhuhu, sehingga hal pertama yang ingin saya lakukan adalah melepas rindu pada orang tua. 
  • Jalan-jalan Bersama Keluarga
Selama pandemi, anak-anak full di rumah. Meski saya dan suami telah membuat agenda dan kegiatan untuk aktivitas di rumah, tetap saja lama-lama bosan terasa. Hal berikutnya yang ingin saya lakukan  adalah jalan-jalan bersama suami dan anak-anak ke playground, perpustakaan, mengantar anak sekolah, atau sekedar jalan-jalan berburu cemilan saat weekend. Pandemi ini mengajarkan bahwa kebersamaan bersama keluarga menjadi sesuatu yang sangat berharga.

Pandemi ini juga memberi banyak hikmah untuk lebih banyak memanfaatkan waktu untuk kebaikan, karena hari yang telah berlalu tak dapat terulang. Ada sebuah hadits dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, bahwa Rasulullah SAW pernah menasihati seseorang,

"Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara
Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
Hidupmu sebelum datang matimu. (HR. Al Hakim)"

Saat pandemi ini berakhir, yuk kita perbaiki hubungan dengan orang tua, keluarga dan orang-orang disekitar kita. Lalu berusaha memanfaatkan sisa usia dengan kebaikan. Karena kebaikan akan berbuah kebaikan yang akan kembali pada diri kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia

Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau

Review. Roro Mendut Kulit Manggis Starter Package