3 Kegiatan Seru Untuk Anak Agar Tidak Bosan di Rumah


Kebijakan social distancing yang telah diberlakukan selama kurang lebih sebulan  menjadi sesuatu yang tidak mudah. Kebijakan ini membuat semua orang harus tinggal di rumah dan menyesuaikan aktivitasnya sehingga tentu hal ini memberikan perubahan drastis. Apalagi bagi kalangan yang terbiasa sibuk dengan aktivitas dan memiliki keteraturan dalam manajemen waktu.

Bagi yang terbiasa di rumah, seperti ibu rumah tangga, pelaku homeshcooling,  atau beberapa kalangan yang memiliki usaha dari rumah, anjuran social distancing ini mungkin bukan suatu masalah besar. Tapi bagi sebagian kalangan yang senang bersosialisasi, traveling, tidak betah di rumah, hal ini tentu merupakan sesuatu yang tidak mudah.

Begitupun untuk anak-anak. Ada yang senang bereksplorasi dan bersosialisasi di luar rumah, adapula yang tenang-tenang saja beraktivitas di rumah. Buat anak-anak terutama tipe kinestetik yang sukanya berpetualang dan lebih suka main di luar, mungkin merasa bosan dan bingung mau ngapain aja di rumah. Sebenernya ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan agar anak tidak merasa bosan di rumah diantaranya:

  • Menggambar dan mewarnai
Menggambar dan mewarnai bukan hanya bermanfaat untuk anak usia balita, namun juga anak sekolah, bahkan bagi orang dewasa. Kegiatan ini bisa melatih kreativitas, konsentrasi dan kesabaran pada anak. Selain itu anak juga dikenalkan pada nilai estetika serta mengenal target, seperti apa yang mau di gambar, warna apa yang dipakai, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menggambar atau mewarnai. Tanpa sadar anak akan belajar kesabaran, target serta merasa rileks karena menggambar dan mewarnai bisa sebagai sarana untuk mengekspresikan diri dan perasaan.
  • Bermain monopoli
Monopoli ini merupakan salah satu permainan papan yang terkenal di dunia. Permainan ini bisa dilakukan bersama anggota keluarga agar tidak merasa bosan di rumah sehingga mengasah komunikasi dan interaksi antar anggota keluarga. Permainan ini lebih mengarah pada motif ekonomi. Mengajarkan anak mengenal uang, belajar mengantri, melatih anak bersikap jujur ( dalam adegan jual beli), melatih kognitif (melatih penjumlahan dan pengurangan) memiliki rencana keuangan masa depan, membagi keuangan dengan bijak serta mengatasi masalah keuangan. Sisi positif dari permainan ini, anak menjadi lebih menghargai nilai uang, tidak boros dan belajar mengetahui antara kebutuhan dan keinginan.
  • Bermain Playdough
Ini salah satu mainan favorit anak saya, meski setelahnya harus mengepel lantai karena tumpahan tepung :D. Agar lebih hemat kita bisa membuatnya sendiri.Bahannya cukup mudah. Kita hanya perlu menyiapkan tepung terigu, pewarna, garam, dan sedikit minyak sayur. Playdough ini memiliki manfaat untuk motorik halus anak seperti meremas, menggulung, menkan dan membentuk playdough sesuai kreativitas. Bermain playdough ini seru dan menyenangkan. Melatih anak fokus membuat kreasi yang dia inginkan.Namun, untuk batita perlu pengawasan orang tua agar tidak masuk ke mulut.

Nah, kalau bunda-bunda apa saja nih kegiatan yang dilakukan agar anak tidak bosan di rumah? Yuk share di kolom komentar. Terima kasih ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia

Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau

Review. Roro Mendut Kulit Manggis Starter Package