Seberapa Penting Penerapan Soial Distancing?

Pict. freepik

Social distancing atau pembatasan sosial merupakan serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular. Pembatasan sosial ini efektif dilakukan saa ada infeksi yang dapat ditularkan melalui kontak percikan atau droplet (batuk atau bersin), kontak fisik langsung, kontak fisik tidak langsung (misalnya menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi) atau tranmisi melalui udara (jika mikroorganisme dapat bertahan hidup di udara untuk waktu yang lama). Penerapan social distancing ini memiliki manfaat penting diantaranya:
  • Mengurangi Penyebaran Virus Coid-19
Pemerintah telah memberi himbauan untuk menerapkan social distancing. Dengan memberlakukan work from home, menutup sekolah serta melarang acara publik meski banyak yang tidak menghiraukan imbauan ini karena banyak hal hal. Namun semaksimal mungkin kita harus menahan untuk tidak keluar rumah tanpa alasan mendesak dan berperan serta menekan laju penyebaran virus corona ini.
  • Menekan Polusi
Adanya imbauan social distancing membuat aktivitas manusia yang menimbulkan polusi udara, air, suara, hingga masalah lingkungan berkurang.  Saat banyak industri, jejaring transportasi, dan industri tutup, jumlah emisi karbon di udara turun drastis. Menurut Kimberly Nicholas, peneliti sains berkelanjutan di Lund University di Swedia, transportasi menyumbang 23% dari dari total emisi karbon global. Namun, tidak ada yang menginginkan penurunan emisi dengan cara seperti ini karena Covid-19  mengorbankan banyak nyawa, menimbulkan banyak kerugian moril dan materiil. Hikmah yang dapat diambil, kita semua dapat berperan serta menjaga lingkungan dalam menghadapi pemanasan global dan perubahan iklim.
  • Lebih Dekat Dengan Keluarga
Social distancing membuat waktu bersama keluarga di rumah menjadi lebih panjang. Jika selama ini masing-masing anggota keluarga sibuk dengan kepentingan masing-masing, maka masa-masa social distancing menjadi momen yang tepat untuk memanfaatkan waktu bersama keluarga, memperbaiki komunikasi, dan memanfaatkan kebersamaan di rumah dengan melakukan banyak hal bersama seperti menata ulang rumah, bersantai, menjalani hobi, berolahraga, dan tentunya menjaga kesehatan keluarga


Agar tidak bosan selama social distancing kita bisa merancang kegiatan seru bersama anggota keluarga, seperti berkebun, menonton, atau memasak bersama. Selain itu kita perlu memastikan stok kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan obat-obatan dalam kondisi cukup. Social distancing ini penting dilakukan agar kita semua tidak tertular dan menularkan virus Covid-19 yang tengah mewabah ini. Social distancing memang mengurangi aktifitas sosial dan mengguncang perekonomian, namun  jika semua mematuhinya bukan tidak mungkin Indonesia bisa seperti Vietnam, yang bisa mengakhiri masa social distancing dan menekan penyebaran corona dengan tanpa ada pasien yang meninggal.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia

Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau

Review Kosmetik Organik Aquila Herb: Day Cream, Gamat Cream, dan Sabun Sereh