Mengenal Covid-19 Dan Pencegahannya



Assalamualaikum

Hai everyone, apa kabar? Semoga kita semua selalu sehat dan baik-baik saja ya. Tak terasa kurang lebih sebulan lamanya kita #dirumahaja, menjadi kaum rebahan dan mengalihkan semua aktivitas di dalam rumah. Awalnya memang tidak mudah, namun langkah ini harus kita ambil sebagai salah satu cara melawan Covid-19 agar penyebarannya tidak semakin meluas.


Apa itu Covid-19?

Infeksi virus corona atau covid-19 (Corona Virus Disease 2019) merupakan kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernafasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Selain virus SARS-CoV-2 atau virus Corona, virus yang juga termasuk dalam kelompok ini adalah virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). Meski disebabkan oleh virus dari kelompok yang sama, yaitu coronavirus, COVID-19 memiliki beberapa perbedaan dengan SARS dan MERS, antara lain dalam hal kecepatan penyebaran dan keparahan gejala. Selain virus SARS-CoV-2 atau virus Corona, virus yang juga termasuk dalam kelompok ini adalah virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). Meski disebabkan oleh virus dari kelompok yang sama, yaitu coronavirus, COVID-19 memiliki beberapaperbedaan dengan SARS dan MERS, antara lain dalam hal kecepatan penyebaran dan keparahan gejala.

Seberapa bahaya virus Covid-19 ini?


Sebagian kasus Covid-19 menimbulkan gejala dengan sifat ringan dan sedang. Namun beberapa pasien mengalami komplikasi yang patut diwaspadai. Gangguan pada saluran pernapasan adalah komplikasi utama akibat Covid-19, seperti gagal pernapasan akut (acute respiratory failure), pneumonia (peradangan pada paru-paru), hingga acute respiratory distress syndrome (ARDS)



WHO menetapkan virus Covid-19 ini sebagai pandemi. Pandemi adalah sebuah epidemi yang telah meyebar ke beberapa negara atau benua dan umumnya menjangkiti banyak orang. Virus Covid-19 sendiri telah meluas hingga sekitar 200 negara di dunia termasuk Indonesia. 

Akibat adanya pandemi ini, aktivitas masyarakat dunia berubah. Aktivitas perkantoran di ubah menjadi work from home (WFH), proses belajar mengajarpun dipindah ke rumah. Yang sulit tentu para pekerja swasta, wirausaha, yang banyak mengalami kerugian akibat pandemi ini. Untuk mencegah menyebarnya virus ini, pemerintah menerapkan berbagai kebijakan seperti social distancing bahkan karena kondisi ini beberapa daerah telah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Semua memerlukan kerjasama antar semua pihak agar usaha memutus rantai penularan Covid-19 ini bisa maksimal.

Virus ini belum ditemukan obatnya. Dan untuk mencegah penularan virus corona kita bisa melakukan tindakan preventif, diantaranya:


  • Menghindari keramaian, tempat-tempat umum dan menunda traveling terutama ke daerah zona merah (daerah yang warganya banyak terjangkit virus corona). Di tempat keramaian kita tidak mengetahui siapa saja yang berpotensi menyebarkan virus
  • Mengurangi kontak fisik. Bisa dilakukan dengan mengurangi kuantitas bertemu dengan orang lain, membatasi tamu, mengurangi intensitas belanja langsung dan bisa menggantinya dengan melakukan transaksi digital atau belanja online.
  • Cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir. Setiap saat kita memegang banyak benda. Jadi, jangan lupa untuk sering-sering cuci tangan dengan sabun ya!
  • Menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur. #dirumahaja bukan berarti bermalas-malasan ya, selama di rumah kita bisa tetap melakukan hal-hal produktif. Memanfaatkan waktu yang berharga dengan melakukan hal yang positif serta tetap menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  • Selama #dirumahaja, kita memiliki waktu untuk bersih-bersih rumah dan sekitarnya. Sterilkan barang-barang secara berkala dan rumah yang bersih dan sehat merupakan salah satu kunci hidup sehat.
  • Hindari kepanikan dengan tidak berbelanja berlebihan. Produk makanan memiliki masa kedaluarsa di waktu tertentu. Berbelanjalah secukupnya sesuai kebutuhan. Selain tidak boros dan berlebih-lebihan, kita juga membantu orang lain mendapatkan akses terhadap barang yang mungkin lebih dibutuhkan oleh orang tersebut.
  • Kenali kondisi kesehatan diri. Pengobatan dan pencegahan sama pentingnya. Sesedikit apapun gejala yang dirasakan, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Pastikan diri kita sehat dan tidak berpotensi menularkan penyakit.
Meski belum ditemukan obatnya, kita harus tetap semangat. Jangan panik, mari saling menjaga diri dan menjaga kesehatan agar kehidupan berjalan normal seperti sedia kala. Tetap #dirumahaja adalah salah satu kontribusi kita dalam membatasi interaksi dan rantai penularan Covid-19

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia

Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau

Review. Roro Mendut Kulit Manggis Starter Package