4 Ketrampilan Yang Bisa Dipelajari Anak Saat di Rumah


Selama di rumah saja, mungkin kita merasa monoton. Melakukan hal yang sama dan berulang setiap harinya. Kadang merasa bingung mau ngapain padahal sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan. Berdama dengan situasi dan kondisi saat ini serta banyak bersyukur atas nikmat yang Tuhan beri  harus dilakukan agar kita tetap merasa tenang dan waras. Di rumah, kita bisa menemukan hal-hal baru yang mungkin tampak sepele tapi penting untuk dipelajari. Selama pandemi ini saya menemukan beberapa ketrampilan baru yang terasa banget manfaatnya. Ssst..ketrampilan ini juga bisa dipelajari anak-anak. Saya melakukannya bersama anak-anak selain agar cepat selesai juga menambah pengetahuan baru untuk anak.

Apa saja?


  • Melipat baju super cepat


Selama di rumah, meski masih kecil anak-anak saya lipatkan dalam pekerjaan rumah seperti meletakkan piring gelas kotor ke wastafel, membuah sampah, atau mengambil jemuran. Baju-baju jemuran yang menumpuk saya bagi ke masing-masing anak. Tapi cuma anak perempuan saya aja yang suka melipat baju. Kakaknya kurang minat melipat. Biasanya saya melipat pakaian dengan melipatnya dari sisi kanan dan kiri. Agar cepat selesai, saya memakai trik melipat baju dengan tutorial ini. Anak-anak juga bisa menirukan apalagi kaos yang lebih mudah dilipat. Karena dikerjakan bersama, tumpukan baju-baju bersih bisa cepat masuk lemari.


  • Memasak

Karena anak-anak belajar di rumah setiap hari mesti ada snack time. Kadang saya menyetok beberapa cemilan. Kadang juga bikin sendiri karena skill memasak yang pas-pasan. Biar seru, bebikinan cemilan bersama anak-anak. Ada banyak banget akun youtube, cookpad, instagram yang membantu tutorial memasak. Bagaimanapun memasak ini eksperimen dan butuh jam terbang. Semakin sering mencoba akan semakin baik hasilnya. Memasak di rumah serasa membuat cooking class untuk anak-anak. Mereka terlibat langsung membuat cemilan kesukaannya selain itu mereka juga mengetahui tentang bahan-bahan kue, bumbu dan nama perlengkapan dapur.


  • Foto editing

Ketrampilan ini bisa menghasilkan sebuah foto yang menarik. Saat ini banyak tersedia situs belajar  fotografi secara online baik gratis maupun berbayar. Saya masih sebatas memanfaatkan aplikasi seperti canva, snapseed, phonto, picsArt. Ternyata seru bisa mengutak-atik foto agar lebih bagus. Anak-anak suka sekali melihat galeri foto mereka dan mengeditnya sesuai imajinasi mereka


  • Coding


Selama pandemi ini anak-anak kami belajar coding untuk mengisi waktu luang. Coding sendiri sebuah pembelajaran menerjemahkan bahasa pemrograman komputer. Coding ini bisa dipelajari di www.code.org. Pada level awal, anak-anak bisa menyelesaikan sendiri atau dengan bantuan buku panduan. Seiring dengan naik level, soalnya makin susah sehingga kita pikir bareng-bareng :D

Nah, itu tadi ketrampilan yang kami pelajari di rumah. Bagaimana dengan teman-teman? Sharing yuk...^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia

Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau

Review Kosmetik Organik Aquila Herb: Day Cream, Gamat Cream, dan Sabun Sereh