Nikma Basyar,Sepatu handmade Cantik dari Indonesia

Segala sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil. Bahkan mungkin hal yang awalnya tidak terpikir oleh orang lain. Mungkin ini yang dialamai oleh Nikmatus Sholihah atau yang lebih dikenal dengan nama Nikma Basyar. Berawal dari kesulitannya memperoleh ukuran sepatu yang sesuai dengan kakinya, Nikma berkreasi membuat sepatu sendiri. Dengan begitu, perempuan berjilbab tersebut merasa percaya diri karena model dan ukuran sepatu sesuai dengan keinginannya. Selain itu, mudah di-mix-match dengan baju yang dipakai. Ukuran sepatunya 35 ukuran dewasa bukan, ukuran anak-anak juga bukan. Dengan membuat sepatu sendiri, ia bisa bebas berkreasi sekaligus menemukan ukuran sepatu yang pas.

foto: Nikmabasyar.com


Nikma pun berkreasi dengan aneka macam bahan kain. Antara lain, kain katun, kanvas, batik, jins, dan kain impor dari Jepang. Satu jenis kain tidak berpatok pada satu sepatu. Namun, kain bisa dikombinasikan sehingga menjadi sepasang sepatu yang cantik. Hasilnya, berbagai macam sepatu cantik, bernuansa etnik dan asli produk Indonesia.

Awalnya, Nikma sering memakai sepatu kreasinya saat menghadiri acara keluarga maupun hang out bersama teman-teman. Orang-orang pun mulai tertarik dan satu per satu memesan sepatu kepada Nikma. Keadaan itulah yang ditangkap Nikma sebagai peluang bisnis sepatu. Dengan bermodal sekitar Rp 5 juta, Nikma memberanikan diri membuka bisnis berlabel Nikma Basyar. ’’Kali pertama saya stok 10 pasang sepatu langsung habis,’’ kenangnya.

Kanti Series, Wedges cantik warna ungu yang cantik dengan nuansa etnik
foto. FB. Nikma basyar

Pesanan yang Nikma terima lebih banyak lagi ketika Nikma memasang foto produknya di media sosial. Konsumen tidak hanya berasal dari Surabaya, namun menyebar hampir dari seluruh wilayah Indonesia. Misalnya, Jakarta, Kalimantan, Sulawesi, Batam, dan Bali. Lebih luas lagi, Nikma juga mendapat order dari Brunei dan Malaysia.

Nikma menerapkan sistem ready stock sekaligus customized. Dua sistem tersebut dianggap ampuh untuk menarik perhatian konsumen. Sistem stok bertujuan menghadapi konsumen yang ingin melihat produk sebelum membeli. Sementara itu, sistem customized digunakan untuk melayani keinginan konsumen yang lebih detail.

Couple Shoues by Nikma Basyar untuk ibu dan anak
 
Selain sepatu dewasa, Nikma menyediakan sepatu anak-anak. Ada pula sepatu pasangan antara ibu dan anak. Harga setiap pasang sepatu berkisar Rp 105 ribu–Rp 165 ribu untuk ukuran anak-anak. Sepatu dewasa dihargai Rp 175 ribu–Rp 350 ribu. Hal tersebut bergantung pada kerumitan model dan bahan yang digunakan. Berdasar jenis, produk bisnis terdiri atas flat shoes, wedges, bot, dan heels.

 Flat shoes by Nikma Basyar

Tidak hanya meraup keuntungan, dalam berbisnis, Nikma juga ingin memberikan edukasi kepada konsumen. Terutama tentang bahan kain yang digunakan dalam pembuatan sepatu. Dalam packaging-nya, Nikma menyertakan secarik kertas tentang asal usul kain yang digunakan dalam sepatu tersebut.

Saat pesan, perempuan kelahiran 28 Mei 1981 tersebut mewajibkan konsumen membayar uang muka 50 persen dari harga produk. Kalau barang sudah jadi, konsumen harus melunasi pembayaran sebelum barang dikirim. Jangka waktu pesan sampai produk jadi biasanya sekitar satu minggu.


Dan serunya lagi, produk cantik dari Nikma Basyar ini bisa kita temui di stan 72 "Nikma Basyar" Pameran Produksi Indonesia yang diadakan di Grand City Convex Surabaya, 6-9 Agustus 2015.

Nikma selalu berusaha agar setiap karyanya orisinil dan memiliki keunikan tersendiri. Itu sebabnya Nikma membuat setiap sepatunya limited edition. Setiap sepatu selalu memiliki ciri yang berbeda satu sama lain meski masih dalam jenis yang sama. Selain itu, Nikma juga menyediakan layanan custom order, sesuai pesanan pembeli.

stand Nikma Basyar di PPI 2015 (foto: FB Nikma basyar)

Selain sibuk menelurkan karya sepatu cantik bernuansa etnik, Nikma juga kerap memberikan pelatihan pembuatan karya handmade. Ia berharap apa yang dilakukannya, termasuk karya-karyanya bisa menginspirasi orang lain.

Nah, buat kamu yang belum sempat datang ke Pameran Produksi Indonesia bisa kok mendapatkan produk dari  Nikma Basyar melalui:
FB: NikmaBasyar
FP: Mahira Galeri
Twitter: @NikmaBasyar
IG: nikmabasyar2
www.nikmabasyar.com
www.nikmabasyar.blogspot.com 

 Setiap produk handmade memiliki ciri khas dan memiliki "jiwa" karena dibuat dengan cinta, kesungguhan hati, kehati-hatian dan juga kerja keras. Oleh karena itulah setiap produk handmade menjadi istimewa.Yuk  bangga menjadi bangsa Indonesia dengan memakai produk Indonesia. Salah satunya dengan menggunakan sepatu handmade cantik dari Nikma Basyar.

sumber referensi:
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=278260&page=5
FP: Nikma basyar
 

Komentar

Postingan Populer