TRMS Serulingmas Banjarnegara, Kebun Binatang di Lembah Sungai Serayu


Assalamualaikum teman-teman, akhir pekan kemarin kemana sajanih? Saya dankeluarga pergi ke Taman Rekreasi Margasatwa (TRMS) Serulingmas di Banjarnegara yang tidak begitu jauh dari rumah. Terakhir kesana sekitar 5 tahun yang lalu saat si bungsu masih digendong. Kami berangkat sekitar pukul 8 dan tiba di lokasi sekitar satu jam kemudian. TRMS Serulingmas ini terletak di sebelah barat pusat kota Kabupaten Banjarnegara dibangun pada tahun 1994 dan diresmikan tahun 1997 oleh JenderL tni (Purn) Susilo Sudarman (alm) ketika masih menjabat Ketua Paguyuban Seruan Eling Banyumas (Serulingmas). Lokasinya mudah dijangkau oleh kendaraan, suasananya pun sejuk karena berada di lembah Sungai Serayu. Saat kami sampai tempat parkir belum terlalu ramai mungkin karena masih pagi. Untuk mobil biayanya 5000 rupiah.

Berapa tiket masuk TRMS Serulingmas Banjarnegara?


Dari tempat parkir kami berjalan menuju pintu masuk, melewati para pedagang yang sedang menata dagangannya. Untuk tiket hari biasa Rp. 10.000/orang karena kami datang di hari minggu tiketnya Rp. 20,000,00/orang. Untuk anak yang memiliki tinggi di bawah 80 cm tidak dikenai tiket masuk. Harga tiket ini termasuk tiket ke kolam renang dan dapat tukar voucher untuk pembelian Aqua dan es krim.



Di dalam kebun binatang ada berbagai macam permainan anak-anak seperti odong-odong, kereta mini, trampolin, istana balon dan lain-lain yang tiketnya dibayar terpisah. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi memberi makan rusa dan harimau dengan biaya Rp.8.000 untuk rusa dan Rp. 10.000 untuk harimau.

Suasana di TRMS Serulingmas

Saat kami datang suasana belum terlalu ramai. Jalannya luas dan beraspal. Nyaman dilalui rombongan pengunjung. Disekeliling banyak pohon dan gazebo untuk beristirahat. Karena hari minggu ada live music dari band lokal yang menyanyikan lagu popular untuk menghibur pengunjung. Suaranya lumayan bagus. Didepan panggung terdapat rumput sintestis yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai.




Menurut website Serulingmas, terdapat 40  jenis satwa dengan jumlah individu mencapai 195 ekor yang hidup di TRMS Serulingmas Banjarnegara. Terdiri atas Kelas Aves, Mamalia dan reptil

Setelah cek tiket di pintu masuk, Zona Aves adalah tujuan pertama yang kita tuju. Berisi berbagai macam burung yang dilindungi seperti Julang Sulawesi, Elang Hitam, dan aneka macam burung lainnya. Lalu beralih ke sebelahnya terdapat 2 kandang harimau. Masing-masing kandang berisi sepasang harimau. Di kandang sebelah kiri sepasang harimau ini tampak sedang tidur dan bermalas-malasan sedangkan disisi kanan sepasang harimaunya lebih aktif berjalan kesana-kemari. 



Tidak jauh dari kandang harimau terdapat kandang singa yang cukup memprihatinkan. Si Raja hutan ini sedang tidur-tiduran dari kami datang hingga pulang. Mau bagaimana lagi dia tidak bisa berlari mengejar mangsa, mencabik dan makan hingga kenyang. Dia juga tidak bisa memimpin koloni dan menjaga  wilayah seperti di film Simba atau tayangan alam liar di National Geographic, Discovery Channel atau Wild Life. Dia hanya bisa menghabiskan waktu untuk bersantai sambil menunggu waktu makan tiba. 

Sang Singa bertetangga dengan Beruang Madu yang sedang bolak-balik kesana kemari tanpa mempedulikan dirinya yang menjadi perhatian pengunjung. Beruang ini memiliki ciri khas 'kalung' kuning di lehernya. Lalu kami berlanjut ke kandang orang utan.


Dari kandang Orang Utan kami beralih ke sisi kiri (dari arah pintu masuk) Terdapat mushola, gazebo untuk istirahat, area bermain anak-anak dan ada kandang rusa, merak, monyet ekor panjang, ular,unta, Owa, juga area foto bersama satwa. Sekitar 5 tahun yang lalu Isya dan Himda sempat naik Unta di sini. Entah saat ini si Unta masih bisa dinaiki atau tidak, saat kami melihat ke kandang dia sedang asik makan rumput. Kandang gajah kosong dantidak terpakai sayang sekali belum ada gajah baru yang mengisinya. Setelah puas berkeliling kami tukar voucher eskrim di stand yang telah disediakan lalu menikmati eskrim sambil menikmati pemandangan Sungai Serayu. 



Sebelum pulang, kami ke Wahana permainan anak. Ada komidi putar, kereta listrik, kereta mini, bioskop 3D, mini helikopter, sepeda melayang, flying fox anak, dan playground. Navid minta melukis dan bermain istana balon. biayanya Rp.10.000/permainan. Hari makin siang suasana pun makin ramai, pengunjung makin banyak. Sayangnya tidak bawa baju ganti padahal anak-anak pengen berenang karena sebelumnya tidak tahu kalau tiket masuk sudah free kolam renang. Oh iya, banyak juga spot foto-foto untuk pengunjung. Atau bisa juga ke tempat foto untuk berfoto bersama satwa.

Kita juga bisa membawa tikar dan bmekal untuk dinikmati bersama keluarga, kalaupun tidak bawa bekal banyak pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman

Jalan-jalan ke kebun binatang bersama anak-anak sangat bermanfaat untuk mengenalkan aneka satwa yang biasanya cuma bisa dilihat melalui buku atau tayangan audio visual. Seharusnya mereka hidup merdeka di hutan dan alam bebas namun terancam punah oleh ancaman manusia, sebaliknya di kebun binatang mereka hidup terlindungi namun serba terbatas baik makanan, tempat hidup dan kebebasan. Semua ada kelebihan dan kekurangan.

Tips jalan-jalan ke TRMS Serulingmas

1. Berangkat lebih pagi, suasana masih sejuk dan jika mau berenang udara tidak terlalu panas

2. Membawa bekal, makanan, minuman dan tikar jika diperlukan

3. Menggunakan topi/payung karena udara cukup terik

4. Menggunakan alas kaki yang nyaman karena banyak berjalan kaki.

Bagaimana teman-teman adakah yang pernah berkunjung ke TRMS Serulingmas juga?


TRMS Serulingmas

Alamat. Jalan Selamanik No. 35 Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Web. www.serulingmas.com


Komentar

Postingan Populer