Sariayu Hijab Intense Series: Dari Alam Untuk Rambut Sehat Berhijab

Assalamualaikum.

Pernah gak mengalami seperti yang sedang saya alami sekarang.
Menyapu karpet dan lantai lalu menemukan rambut yang rontok di sana.
Ingin memanjangkan rambut tapi khawatir tambah rontok.
Atau banyak berhijab seharian sehingga membuat rambut lepek dan mudah rontok.
Menggunakan hijab dan ingin punya rambut yang sehat, kuat dan indah.
Itu semua saya banget.
Menutup aurat merupakan kewajiban bagi kita para muslimah. Hijab merupakan identitas untuk perempuan muslim yang membuat kita merasa aman, nyaman dan terlindungi. Namun, kadangkala ada beberapa hal yang menggangu saat kita berhijab misalnya rambut yang lepek dan lembab karena tertutup jilbab, rambut rontok atau bahkan berketombe. Jangan sampai hal tersebut menyurutkan niat kita dalam berhijab, karena setiap masalah tentu ada solusinya. 

Ketombe ditandai dengan munculnya rasa gatal dan munculnya serpihan atau bintik berwarna putih di kulit kepala. Pemakaian shampo yang berlebihan atau malah kurang juga bisa menyebabkan ketombe karena kulit kepala jadi memproduksi minyak.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, dr. Susie Rendra, SpKK menjelaskan ketombe seringkali muncul pada pasien dengan bawaan kulit kepala yang berminyak. Tingginya kadar minyak di kulit kepala, menyebabkan munculnya peradangan kulit yang dipicu oleh jamur Malassezia spp. Jamur ini bersifat lipofilik, sehingga lingkungan mikro dengan kadar minyak tinggi menyuburkan pertumbuhannya. Menurut dr. Susie, ketombe yang tak tertangani dengan baik memang dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu untuk mengatasi rambut rontok Anda, sebaiknya atasi dulu permasalahan ketombenya. Untuk mengobati ketombe, ia menyarankan menggunakan shampoo yang mengandung zinc pirition, tea tree oil, ataupun shampoo antijamur yang mengandung ketokonazol.

Sementara itu, menurut situs Live Strong, salah satu penyebab kenapa ketombe sering dikaitkan dengan kerontokan rambut adalah karena ketombe menyebabkan iritasi dan rasa gatal di kulit kepala. Orang yang berketombe otomatis sering menggaruk kulit kepala mereka untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Menggaruk kurit kepala yang dilakukan dengan sering ini bisa menyebabkan akar rambut jadi tidak kuat. Inilah yang kemudian membuat rambut menjadi rontok. Ketombe juga bisa menjadi pemicu rambut rontok karena saat rambut dipenuhi bintik putih itu bisa menyebabkan menutupi folikel rambut. Ketika folike rambut dipenuhi ketombe, rambut baru tidak bisa tumbuh, inilah yang menyebabkan kerontokan.

Bagi muslimah, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk tetap memiliki rambut sehat dengan tetap berhijab. Diantaranya:

1. Mencuci rambut dengan teratur

Rambut adalah mahkota wanita. Dalam Islam, rambut adalah aurat yang harus dijaga, dilindungi dan ditutup dengan hijab. Mencuci rambut secara teratur setiap dua sampai tiga hari sekali membuat rambut tetap sehat dan kulit kepala tetap segar. Direkomendasikan agar menggunakan  shampoo khusus untuk hijab yang sudah diformulasikan  khusus untuk rambut yang tertutup hijab.

2. Tidak menggunakan jilbab saat rambut masih basah

Terburu-buru untuk beraktivitas sementara kondisi rambut masih basah dan langsung ditutup jilbab pernah saya alami dan mungkin teman-temanpun pernah mengalaminya. Padahal rambut basah yang langsung ditutup rapat membuat rambut lembab sehingga makin mudah rontok. Sehingga usahakan memakai jilbab saat kondisi rambut dalam keadaan kering.

3. Mengikat rambut dengan benar

Sumber. www.pixabay.com
Sebelum berjilbab, biasanya rambut diikat terlebih dahulu agar lebih rapi lalu ditutup dengan inner jilbab sebelum memakai jilbab. Mengikat rambut terlalu kuat bisa membuat rambut gampang rontok, dan ikat rambutnya pun harus terbuat dari bahan yang halus, yang tidak merusak rambut. Selain itu, jangan terlalu lama mengikat rambut. Jika selesai beraktivitas lepas ikatan rambut agar rambut tidak mudah rusak.

4. Memilih sisir yang tepat

Sumber. www.pixabay.com
Secara berkala, kita perlu menyisir rambut agar halus dan tidak mudah kusut. Pilih sisir yang bergigi jarang dan perhatikan belahan rambut. Sisir rambut perlahan agar peredaran darah di kepala lancar dan mengurangi resiko kerontokan rambut.

Karena dari sononya tipikal rambut saya tidak tebal, ditambah rutin menggunakan jilbab setiap hari, kerontokan rambut nyaris tiap hari saya alami. Di sisir, di bantal, di baju, bahkan di lantai. Sejak kecil ibu pernah mengajarkan untuk memanfaatkan bahan-bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan termasuk untuk perawatan rambut, tapi yang males itu mengolahnya, hehehe. Maunya yang praktis aja, langsung pakai. Dan sekitar seminggu yang lalu saya mencoba Sariayu Hijab Intense Series. Kemasannya yang eye catching langsung menarik perhatian. Ditambah lagi saya suka produk khusus rambut berhijab yang halal, alami dan asli Indonesia. Alhamdulillah semua ada disini.


Produk Indonesia dari kearifan lokal dan kekayaan alam Indonesia
Konsep kecantikan wanitatimur selalu berlandaskanpada philosofy "Rupasampat Wahyabiantara", yaitu kecantikan sejati merupakan perpaduan harmonis antara 2 unsur yaitu kecantikan lahiriyah yang memancarkan keelokan wajah dan tubuh serta kecantikan batiniah yang ditunjukkan dengan keluhuran budi (aura) dari dalam tubuh. Konsep ini bisa menjadi pegangan bagi wanita manapun yang ingin mewujudkan kecantikan alami seutuhnya. Dalam tradisi leluhur, konsep kecantikan tersebut dimiliki oleh Dewi Saraswati sebagai lambang kesempurnaan perempuan yang cantik secara fisik, tegar dalam hidup, halus tutur kata, luhur budi dan beriman kepada Sang Pencipta.

Berbekal pada konsep kecantikan wanita timur inilah, Dr Martha Tilaar menggagas penciptaan brand Sariayu agar wanita dapat tampil cantik alami seutuhnya. Sariayu Mario Teguh merupakan rangkaian produk perawatan kecantikan holistik (lengkap dan menyeluruh) dari luar dan dalam. Terinspirasi oleh keraifan lokal dan kekayaan alam Indonesia, diproses dengan pengetahuan dan teknologi modern berbasis green science. Ditunjang dengan reputasi besar brand Martha Tilaar, fasilitas RnD yang menyeluruh, managemen distribusi inhouse yang spesialis dan terintegrasi di bidang kosmetik,  Beauty Advisor dan Beauty Consultant yang kompeten, didukung dengan bendera rumah kecantikan, penanaman dan perkebunan organic secara menyeluruh, institusi sekolah kecantikan yang dikenal dengan skala international, disupport dengan jaringan kuat dari komunitas fashion dan kecantikan, in house agency advertising dan memenuhi standard dunia untuk cara pembuatan kosmetik yang baik.  

Sariayu Hijab Intense Series
Sariayu Hijab adalah salah satu terobosan dari brand Sariayu untuk mendukung muslimah tetap bisa memiliki rambut sehat dan nyaman berhijab. Jika  pada shampoo Sariayu hijab memanfaatkan bahan alami seperti lidah buaya, urang-aring, daun mangkokan, cabe rawit serta mint, maka untuk Sariayu Hijab Intense Hair Fall ini Sariayu memanfaatkan kacang polong dan kedelai yang mengandung PeaVit Complex serta mild surfactant yang memiliki 3 langkah intensif: 
  • Mengurangi kerontokan rambut hingga 93%
  • Membantu menguatkan akar dan inti rambut serta merangsang pertumbuhan rambut baru hingga 78%
  • Membantu melindungi dan memperbaiki rambut dari kerusakan.
Biar perawatan lebih optimal kita bisa melengkapi dengan Sariayu Hijab Conditioner, Hair Tonic Lotion dan Hair Mist.


Salah satu yang bikin mantap menggunakan produk Sariayu Hijab ini karena telah bersertifikasi halal MUI  dengan nomor sertifikat: 00150061130312 selain itu Martha Tilaar adalah brand lokal pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi  ISO 9001, sertifikasi ISO 14001 dan juga GMP: CPKB (Cara produksi Kosmetik Yang Baik).

Biasanya kan produk natural dominan dengan warna hijau, nah Sariayu Hijab Intense ini sangat eye  catching dengan menambahkan warna ungu sehingga tampak manis dan mencolok, mudah dicari di deretan etalase shampoo di supermarket. Bentuk tutup botolnya model flip, jadi mudah dituang sekaligus tidak mudah tumpah jadi aman dibawa saat perjalanan.








Saat mencoba shampoo ini, cairannya berwarna hijau muda. Teksturnya tidak terlalu kental dan juga tidak terlalu encer. Cukup berbusa saat digunakan. Wanginya lembut dan segar. Membuat rambut terasa bersih, wangi, dan segar seusai keramas.
 
Kesimpulan
Sariayu Hijab Intense Series adalah solusi bagi hijaber unuk #SayonaraRambutRontok karena aman untuk pemakaian jangka panjang, dibuat dari bahan alami, dan efektif mengatasi kerontokan dan menguatkan akar rambut.
Sebagai muslimah, kita bisa beraktivitas apapun sesuai syariat. Menjalankan kewajiban sebagai anak, istri, ibu dengan tetap menutup aurat. Jilbab dan busana muslim yang kita kenakan tidak akan menyurutkan niat dan langkah untuk terus beribadah, menuntut ilmu dan memperbaiki diri setiap waktu. Kita juga bisa memperoleh ilmu melalui komunitas yang dapat menambah wawasan tentang Islam, motivasi islami dan juga tentang fashion, halal food, hijab dan life style muslimah dengan bergabung di Komunitas Hijaber Terbesar di Indonesia.
Yuk ikut denganku, bergabung dengan hijaber di Indonesia melalui Komunitas Hijaber Terbesar di Indonesia.



Sumber referensi:
http://www.sariayu.com
http://diaryhijaber.com/
https://wolipop.detik.com/read/2012/11/09/093128/2086801/234/ini-yang-menyebabkan-ketombe-bikin-rambut-jadi-rontok




Komentar

  1. sekarang sihs dh banyak perawatan rambut, untuk yg berhijab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, jadi rambut tetap sehat dan kuat meski berhijab

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN