Mommychi, Aplikasi Terlengkap Untuk Ibu dan Anak

Sejak kecil, saya sering melihat dan membantu aktivitas ibu sebagai kader Posyandu di daerah kami. Saat masih tinggal di Purbalingga, Posyandu dilaksanakan setiap hari Rabu minggu pertama setiap bulan. Setelah pindah ke Wonosobo, saya membawa anak-anak ke Posyandu setiap tanggal 14. Di Posyandu, Isya dan Himda di timbang berat badannya dan diukur tinggi badannya. Seringkali ada bidan di Posyandu untuk melakukan imunisasi. Berat, tinggi badan, dan jadwal imunisasi dicatat dalam buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) atau yang dulu namanya KMS (Kartu Menuju Sehat). Dari buku in[ kita bisa tahu tumbuh kembang melalui grafik yang ada. Di buku ini juga ada panduan kehamilan, melahirkan, menyusui hingga tumbuh kembang anak usia 0-5 tahun. Selain itu ada pula panduan mengatasi penyakit yang biasa diderita anak seperti batuk, demam dan diare. Di buku KIA juga ada panduan MPASI sesuai usia anak. Karena Isya baru berusia 4 tahun dan Himda 2 tahun, jadi saya punya 2 buku untuk mereka.

Jadi, apa nih hubungannya buku ini dengan Mommychi?


Sebagai ibu, saya berusaha mencari informasi terlengkap untuk menunjang tumbuh kembang mereka, apalagi di usia balita yang merupakan masa-masa awal pertumbuhan, tumbuh kembang dan kesehatan mereka berusaha kami jaga dengan baik, selain itu mereka lagi lucu-lucunya, segala tumbuh kembang mereka menjadi hal yang baru, amazing dan sayang jika dilewatkan tanpa diabadikan.

 Aplikasi Mommychi yang saya gunakan

Sayapun menemukan Mommychi, sebuah aplikasi terlengkap untuk ibu dan anak yang bertujuan membantu para ibu agar dapat mengikuti perkembangan kehamilannya hingga tahap perkembangan anak. Mommychi dilengkapi tools dan fitur yang mudah digunakan. Kita bisa mendaftar di Mommychi menggunakan App Store  atau Google Play. Saya menggunakan App store untuk ponsel dan Google play di komputer. Sayapun langsung download di komputer dan ponsel lalu melengkapi data-data saya dan 2 krucils, Isya dan Himda. dan selsesai deh, serasa punya Buku kesehatan Ibu dan Anak versi digital. Jika buku KIA bisa kita isi secara manual, nah dengan Mommychi kita bisa mengikuti perkembangan kehamilan atau perkembangan anak melalui gadget. Aplikasi ini juga lengkap lengkip. Memiliki banyak fitur yang pastinya bermanfaat untuk para ibu seperti:

Tools Mommychi. Disini banyak fitur menarik diantaranya:
- Kontrol Kehamilan. Sebelum menggunakan jurnal kehamilan, ide nama bayi dan album foto kehamilan, kita harus terlebih dahulu membuat profil kehamilan seperti ini. Karena sedang tidak hamil, maka saya tidak menggunakan fitur ini. 


Dan ini nih yang sering saya gunakan. Tools anak untuk mengikuti setiap pertumbuhkembangan Isya dan Himda.
Deteksi Kesehatan Anak. 


Membantu ibu mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh hingga usia 3 tahun, dilengkapi grafik interaktif. Terdapat 4 fitur, pertumbuhan anak, perkembangan anak, pertumbuhan gigi dan gejala penyakit. Misalnya untuk pertumbuhan anak, kita memilih umur yang sesuai lalu isi dengan berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala lalu klik simpan untuk menyimpan data pertumbuhan. Kita juga bisa melihat grafik pertumbuhan, seperti grafik pertumbuhan Himda di bawah ini.

Perkembangan anak juga bisa kita ketahui dengan mengisi kuesioner untuk anak usia 0-30 bulan, dan kita juga bisa mengetahui pertumbuhan gigi anak baik gigi susu maupun gigi seri dengan mengklik pada salah satu gigi yang akan tumbuh atau tanggal. Kebetulan banget Isya baru saja ke dokter gigi karena gigi geraham kecil di rahang bawah ada sedikit lubang. Menurut dokter, gigi susu tidak perlu dicabut karena akan tanggal diganti gigi seri. Dari fitur ini saya bisa lebih memantau pertumbuhan gigi anak-anak di usia balita seperti sekarang ini mereka lagi seneng-senengnya makan makanan yang manis-manis, dan menurut dokter gigi geraham ini akan tanggal pada usia 9-10 tahun. Sama dengan informasi dari Mommychi. Jadi saya harus telaten ajarin mereka gosok gigi agar gigi susunya kuat sampai saatnya tumbuh gigi tetap. Kita juga bisa mencatat kapan gigi tumbuh dan tanggal dan menyimpannya sehingga bisa dijadikan informasi jika sewaktu-waktu berkunjung ke dokter gigi.


 Saya lalu mencoba membuka  fitur Gejala penyakit, kita dibantu mengenali gejala penyakit yang biasa ditemukan pada anak seperti demam, masalah BAB, masalah genital pada anak, masalah menyusui, sesak napas pada bayi atau anak, nyeri dada, mual muntah, dan masalah mulut pada bayi dan anak beserta cara mengatasinya. Tiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan, dalam hal ini kesehatannya. Disini kita bisa mengenali gejala penyakit yang dialami tiap anak. Dari gejala tersebut kita harus menjawab kuesioner yang hasilnya adalah diagnosis dan penanganan yang harus kita berikan.


Misalnya jika Isya terkena demam. Setelah saya klik "demam" dan menjawab kuesioner, hasilnya kemungkinan Isya terkena flu sekaligus mengingatkan saya  untuk memastikan agar Isya harus banyak minum air, minum obat, istirahat yang cukup dan membuatkannya sup hangat untuk meringankan gejala flunya. 


Ini yang tak kalah penting. Jurnal Kesehatan Anak. Membantu ibu mencatat kondisi kesehatan anak, terutama penyakit yang pernah dialami, nama dokter, diagnosis, dan obat yang diberikan. Alhamdulillah di usia 2 tahun ini Himda sehat, namun ia pernah sekali terkena gangguan kesehatan saat proses pnyapihan. Ia alergi dan menolak susu formula merek tertentu sampai diare dan dibawa kedokter. Solusinya saya menggantinya dengan susu kedelai dan susu sapi segar. Alhamdulillah tidak ada masalah. Dan, kakaknya juga mengalami hal yang sama jadi penanganannya juga sama.


Tak lupa saya juga mengakses Imunisasi. Berisi jadwal imunisasi dan sistem pengingat otomatis yang tersimpan dalam kalender ponsel. Membantu ibu agar tidak lupa lagi jadwal imunisasi anak. Isya dan Himda telah menyelesaikan imunisasi 5 dasar lengkap. Jika imunisasi sudah dilakukan kita tinggal menconteng pada tabel sesuai jenis imunisasi. Bukan cuma itu, kita juga mendapat penjelasan singkat tentang jenis imunisasi yang diberikan.



Album Foto Anak
Banyak sekali foto-foto dari masa kehamilan, si kecil lahir, hingga setiap pertumbuhannya yang menakjubkan bisa kita simpan di sini. Kita bisa membuat beberapa album foto yang dikategorikan sesuai keinginan kita. Sayangnya saya belum sempat upload foto anak-anak kesini, selain untuk kenangan, album foto ini juga bisa di tautkan ke kehamilan. Jadi jurnal kehamilan bisa bersambung ke jurnal anak. 


Mommychi berusaha membuat aplikasi yang lengkap untuk keperluan ibu dan anak, aplikasi ini membuat fitur ensiklopedi untuk ibu hamil. Fitur ini memudahkan para ibu menghadapi masa kehamilan dengan berbagai informasi seperti penyakit dan obat selama hamil, tips saat menyusui, tips seputar ibu hamil, perkembangan janin, pemeriksaan, nutrisi ibu hamil, senam hamil, dan mitos kehamilan. Adapula Ensiklopedi Untuk Anak. Fitur ini membantu ibu yang memiliki bayi dan balita seperti saya mendapatkan informasi diantaranya tumbuh kembang anak, penyakit dan obat, alergi pada anak, psikologi anak, tips kesehatan anak, data makanan, panduan makanan, resep makanan, dan tips memberikan nutrisi yang tepat. Lengkap deh pokoknya.



Saya selalu tertarik dengan artikel yang bermanfaat untuk menstimulasi tumbuh kembang anak. Dan berbagai artikel penting itu bisa saya dapat disini.


Jika di Tools anak kita mendapatkan fitur deteksi penyakit untuk memberikan penanganan yang tepat untuk anak kita, di fitur ini kita mendapatkan ilmu baru tentang penyakit dan obat. Sebagaimana layaknya ensiklopedi, ada banyak informasi yang kita butuhkan seputar penyakit dan obat untuk anak-anak, seperti artikel ini.

Informasi seputar dunia anak selalu memunculkan rasa keingintahuan yang besar. Sayapun membuka fitur alergi pada anak dan psikologi anak. Saya menemukan artikel yang bisa diterapkan untuk Isya dan Himda. Di usia mereka saat ini,mereka sudah mulai mengerti akan konsep bersih-kotor terutama menyangkut  diri sendiri. Kenapa harus pakai baju bersih, menjaga kebersihan tangan, gigi dan juga tubuh setiap harinya.


Saya juga membuka fitur tips kesehatan anak. Dan menemukan tips yang saya perlukan. Apalagi kalau bukan masalah toilet training. Ada banyak juga tips kesehatan anak yang bisa kita temukan disini.


 Fitur yang membuat saya makin tertarik dengan aplikasi Mommychi ini, adalah  direktori kesehatan yang menyediakan data rumah sakit dan dokter berdasarkan alphabet. Ini sangat membantu mommies yang membutuhkan rumah sakit, terutama rumah sakit bersalin dan rumah sakit ibu dan anak. Jika dalam perjalanan dan tiba-tiba membutuhkan rumah sakit baik untuk persalinan, ataupun penanganan masalah kesehatan terutama yang menyangkut ibu dan anak bisa langsung pakai fitur ini.


Bukan sekedar menyediakan nama rumah sakit di berbagai daerah. Kita juga mendapatkan detail informasi rumah sakit yang kita butuhkan beserta petanya. Hal ini sangat membantu mommies/keluarga jika sewaktu-waktu membutuhkan rumah sakit dan berada di luar kota. Sayangnya tidak semua rumah sakit mencantumkan nomor teleponnya. Akan lebih lengkap pula jika data rumah sakit ditambah sehingga jangkauannya lebih luas.


Selain rumah sakit, kita juga bisa menemukan dokter (umunya dokter spesialis kandungan) berdasarkan alphabet di berbagai kota besar di indonesia tentu beserta alamat dan petanya. Sayangnya baru dokter-dokter di kota besar yang ada disini, tentu akan makin lengkap jika dicantumkan pula dokter di berbagai kota/kabupaten di Indonesia.



Direktori kesehatan menyediakan fitur apotik namun sayang belum bisa dibuka. Mommychi juga bermaksud menyediakan permainan untuk si kecil berupa permaina mewarnai dan pemutar musik. Ada beberapa musik klasik dan lagu anak-anak yang bisa diperdengarkan untuk si kecil.



Sambil menyelam minum air, sambil bikin jurnal dan nyimpen data kesehatan anak, sekalian belanja produk kesehatan keluarga di kalbestore. Ini nih yang bikin ibu-ibu langsung mupeng liat banyak diskon, bonus, gift, dan point reward yang didapat kalau belanja disini dengan menjadi member disini. Fitur ini cukup bermanfaat membantu mommies, kalau males belanja pas hamil, atau repot ngurus anak di rumah, padahal stok susu sudah habis, bisa langsung deh belanja disini.


Fitur terakhir yang saya buka adalah tanya dokter. Fitur ini memudahkan kita untuk berkonsultasi langsung gratis dengan dokter dari Klikdokter. Namun sebelumnya, kita harus terlebih dahulu menjadi member KlikDokter dengan mendaftar atau login melalui facebook.


Secara umum, aplikasi Mommychi memang lengkap dan membantu khususnya untuk kebutuhan ibu dan anak. Namun beberapa fitur yang tersedia belum bisa di buka seperti  kalkulator nutrisi, tutorial dan apotek. Resep makanannya juga perlu ditambah, karena baru tersedia menu untuk usia 6-9 bulan. Anak usia 1-3 tahun juga butuh referensi cemilan sehat, enak dan bergizi agar mereka lebih suka makanan rumahan daripada jajanan di luar rumah. Bila memungkinkan, saya menyarankan fitur permainan edukatif yang melatih syaraf motorik dan kreatifitas anak seperti membuat berbagai bentuk mainan dari lilin mainan/fan doh, belajar origami, membuat mainan dari kardus/barang bekas, membuat gunung meletus dari soda, dan berbagai permainan lain yang bisa dilakukan anak beserta orangtua atau teman-temannya. tentu seru dan menyenangkan. Memberikan yang terbaik untuk anak adalah kewajiban setiap orang tua, semoga Mommychi juga dapat memberikan fitur-fitur yang uptodate yang dapat meningkatkan pemahaman, menambah ilmu dan informasi untuk mommies dalam menjalani kehamilan hingga pengasuhan dan perawatan anak dengan segala cerita serunya. Ada yang sudah coba pakai Apps Mommychi?
Yuk share pengalamannya :)

Komentar

  1. berasa punya buku KIA berbentuk digital ya Mbak^^
    aplikasi ini lengkaaap banget aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, malah lebih lengkap dr KIA manual :)

      Hapus
  2. tar kalau saya pny anak mau instal aplikasi ini ah hehe good luck mak

    BalasHapus
  3. Waaaa... jadi pengin nginstall aplikasinya dech

    BalasHapus
  4. ayooo mak, diinstall aplikasi nya gampang kok bisa di ponsel ato kompi :)

    BalasHapus
  5. Aplikasinya memang sungguh luar biasa menariknya, hmm jadi pengin punya baby lagi nih :)

    BalasHapus
  6. Keren ternyata aplikasinya ya mak :) Makasih udah share!

    BalasHapus
    Balasan
    1. samasama mak, iya nih aplikasinya emg keren. blog nya mak maureen juga keren bgt :)

      Hapus
  7. Huaa lengkap sekali ya mak ... sukses :)

    BalasHapus
  8. Pas banget aplikasinya buat saya yang lagi punya baby, makasih sharingnya mbak...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia