REVIEW - Buku Anak - Asyik Belajar: Aku dan Tubuhku


Perutku
Nyam, nyam, . . . enak!
Setelah mencium, merasakan, dan mengunyah makananmu, kamu menelannya. Makanan masuk lewat saluran yang panjang dan berliku-liku, dari mulut sampai ke saluran pembuangan.
(hal. 20)

Buku ini lumayan membantu saya mengajak anak belajar mengenal lebih jauh tentang tubuhnya. Jika sebelumnya saya mengenalkan bagian tubuh luar seperti kepala, leher, pundak, tangan, kaki, dada perut, siku, paha, lutut, dsbg, disini anak bisa mengenal organ tubuh bagian dalam. Tidak begitu detail tapi cukup lengkap untuk ukuran anak-anak. Didukung hardcover dan full colour, juga ilustrasi yang bagus, bahasa ringan, membuat buku ini mudah dipahami anak dan membantu saya dalam mentransfer isinya ke anak.


Isya sempat kaget waktu melihat tentang struktur tulang. Serem, katanya. Disinilah peran kita sebagai orang tua mengenalkan bagian tubuh, mengajak anak belajar melalui buku dengan bahasa yang ia pahami. Saat melihat otot, kata Isya, kok kayak robot :D

Sisi positifnya, anak jadi tahu lebih mendalam tentang fungsi tubuhnya. Seperti kemana makanan yang kita kunyah? Buat apa kita makan? Selain itu, buku ini dilengkapi sosok dokter dengan wajah yang hangat, setidaknya membantu anak untuk tidak takut ke dokter.(hal. 25)

Hal baru yang Isya peroleh dari buku ini adalah ia mengenal tentang kuman. Begitu saya menceritakan tentang bahaya kuman, ia langsung lari ke ke kamar mandi untuk cuci tangan. Selain itu ia juga mengerti konsep menjaga kebersihan untk kesehatan tubuh.

Siapa yang takut dicabut giginya? Saat ini usia Isya menjelang 4 tahun. Menurut buku ini, sekitar usia enam tahun gigi susu akan copot diganti dengan gigi dewasa. Saya memberi pengertian padanya jika saat itu tiba, Isya tak perlu takut copot gigi karena akan diganti gigi yang baru. Alhamdulillah Isya mengerti :)
(hal. 23)

Dalam menerangkan isi buku ini, saya menggunakan bahasa komunikasi ala saya-Isya. Seperti, "kenapa ada alis?
"Allah sayang sama kita, Allah memberi kita alis biar keringat gak masuk ke mata. Allah juga memberi kita bulu mata agar debu dan kotoran gak masuk ke mata.Tubuh ini, semuanya dari Allah "

Keterangan buku:
Judul Buku                   : Asyik Belajar! Aku dan Tubuhku
Penulis                         : Rosie Mc Cormic
Ilustrator                      : Anthony Lewis
Alih Bahasa                  : Prelia Handarani S. S
Editor                           : Margaretha Hutauruk Eddy, MBA
Konsultan Sains            : Edia Permata, S.Si
Penerbit                        : Erlangga (Erlangga for Kids)
Tahun                            : 2003
Halaman                        : 32
ISBN                            : 979-688-711-8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia