Teh Biru Bunga Telang, Bikin Sehat dan Awet Muda


Sisi positif adanya pandemi, masyarakat lebih memperhatikan masalah kebersihan dan kesehatan. Termasuk asupan gizi sehari-hari. Hal ini mendorong tumbuhnya usaha kuliner sehat. Minuman herbal misalnya,teh Telang, teh Rosela, atau teh Kelor. Menikmati kopi dan teh telah menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia. Apalagi dinikmati bersama keluarga dan cemilan-cemilan ringan sambil ngobrol-ngobrol nyantai.

Saat ini banyak jenis tanaman yang dikonsumsi dalam bentuk minuman. Ini kali pertama keluarga kami menikmati seduhan teh Telang. Warna biru yang cantik dan bisa berubah menjadi ungu jika dicampur madu atau lemon. Selain untuk diminum, teh Telang ini juga bisa dikreasikan menjadi aneka olahan lezat seperti puding, kolang-kaling, atau menjadi pewarna alami untuk kue. Bahkan di Kelantan, Malaysia, bunga telang menjadi pewarba untuk nasi kerabu atau nasi ketan. Sementara di Thailand, sejumlah cafe menyajikan latte dan macchiato dicampur bunga telang agar warnanya menjadi biru fantastis.

Karena merupakan teh herbal, dengan mengkonsumsi teh telang ini, ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, sepert:
  • Menurunkan berat badan. Karena telang mengandung senyawa cateching EGCG yang mempercepat proses pembakaran kalori dengan meningkatkan proses metabolisme. Penelitian dalam Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders menyatakan teh telang mengandung kadar senyawa EGCG lebih tinggi dari teh lainnya.
  • Menjaga kesehatan mata. Salah satu atioksidan dalam teh telang , yaitu proanthocyanidin yang bertanggungjawab untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Sehingga teh telang diklaim efektif mengobati kerusakan retina, glaukoma atau penglihatan kabur.
  • Mengatasi stress, kecemasan atau depresi. Hal ini dikarenakan antioksidan dalam teh telang terbukti bisa meningkatkan suasana hati dengan menenangkan syaraf sehingga membuat tidur lebih nyenyak.
  • Mengatasi diabetes. Menurut Journal of Applied Pharmaceutical Science, ekstrak teh telang dapat membantu mengurangi kadar glukosa dalam tubuh. Jadi, minum teh telang diantara waktu makan bisa mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar glukosa darah.
  • Menjaga kesehatan jantung. Penelitian menemukan teh telang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi yang beresiko menyebabkan penyakit jantung.
  • Resep awet muda. Karena mengandung antioksidan tinggi, teh telang ini  kaya manfaat termasuk sebagai anti aging. Telang memiliki efek anti-glikasi dan flavonoid yang dapat merangsang produksi kolagen sehingga wajah tampak awet muda. 
Butterfly pea tea ini saya dapatkan dari Nectars Organic. Dan teh nya selalu fresh karena diproduksi secara agroekologi. Setelah dipanen langsung dijemur dengan sinar matahari langsung dimana semua prosesnya melibatkan interaksi sosial petani dan aktivis lingkungan secara langsung.

Cara mengkonsumsinya sangat mudah. Cukup dengan menyeduh 1-2 helai bunga telang untuk secangkir teh telang. Semakin banyak bunga, maka warnanya juga semakin biru pekat. 
Untuk membuat puding atau kolang-kaling tentu semakin banyak pula bunga yang diseduh agar warnanya bagus. Teh ini tidak berbau dan tidak mengandung kafein. Biasanya saya tambahkan sedikit gula/madu karena anak-anak suka yang rasanya manis, dan juga lemon sehingga lebih segar.

Apakah teman-teman juga pernah mencobanya ? ^_^


Sumber Referensi:

Komentar

  1. Wah ternyata berkhasiat.. pantes d rumah temenku Ada taneman ini terus sama dia d bikin teh. Warnanya unik ya mbaa

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak juga ya manfaat teh telang ini. Padahal dikampungku banyak loch mom tanaman ini. Next ku coba juga biar dapat juga khasiatnya

    BalasHapus
  3. Bentuknya gimana ya Mbak, bunga telang ini? Banyak manfaatnya nih. Bisa dikonsumsi sebagai suplemen jadinya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warnanya biru mba, bisa di googling bentukny. biasanya untuk teh telang.

      Hapus
  4. Harganya berapa, mbak? Berarti tinggal seduh ya? Aku emang penasaran banget sama rasa daun telang atau Teh telang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku beli di Nectars Organic 15rb untuk 5 gram mba, bisa dikunjungi IG/shopee nya 😊

      Hapus
  5. Ih kok gemes warna tehnya, unik ya biru gitu berasa liat langit. Teh nutrisi bagus yg kaya manfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia

Resep dan Cara Memasak Ikan Pari Goreng Gurih Tanpa Bau

Review Kosmetik Organik Aquila Herb: Day Cream, Gamat Cream, dan Sabun Sereh