Staycation Bersama Keluarga di Hotel Grand Edge Semarang

Assalamualaikum..

Seru rasanya menghabiskan waktu sekeluarga. Apalagi saat ini anak-anak udah mulai masuk usia sekolah, bisa bareng seharian nunggu mereka libur. Jadi begitu pak suami mengajak kita ke Semarang pertengahan Januari lalu, langsung deh anak-anak hiphiphore, langsung browsing hotel yang family friendly. Karena bawa anak-anak, kita milih hotel yang memiliki beragam fasilitas, diantaranya  kolam renang. Sebagai ibukotanya Jawa Tengah, Semarang memiliki banyak sekali pilihan tempat menginap. Dalam perjalanan kami sekeluarga ke Semarang kali ini, kita memilih menginap di Hotel Grand Edge. Lokasinya yang strategis membuat hotel ini bisa menjadi pilihan menginap saat singgah di Semarang.


 Kesan pertama saat menginjakkan kaki di sana adalah, hotelnya besar, dengan dekorasi yang elegan dan cantik. Tempat parkirnya nyaman dan luas dan terdiri dari tiga lantai. Saat kendaraan kita memasuki basement, staff hotel langsung memandu sampai kami menemukan tempat parkir yang tepat.

Hotel berbintang 4 yang terdiri dari 10 lantai ini didirikan pada tahun 2015 ini mengambil konsep Hotel and Food Mall, sehingga di sisi hotel bisa kita temukan resto-resto yang memudahkan tamu hotel menginap sekaligus hang out. Berbeda dengan hotel pada umumnya yang memiliki inhouse restoran, Grand Edge menggandeng restoran dari luar Semarang untuk mengisi 3 lantai Food Arcade dan 1 lantai Sky Lounge. Hotel ini memiliki 5 tipe kamar yaitu, Deluxe Twin, Deluxe Double, Deluxe Emerald Double, Deluxe Premium Double, Deluxe Double dengan binatu dan Junior Suite.

Kami memesan kamar Deluxe room di Traveloka dengan rate Rp. 360.988 tanpa sarapan pagi. Sembari menunggu suami check in, saya dan anak-anak menunggu di lobbi yang cukup luas. Dekorasi lobbi terlihat mewah dengan desain lampu gantung yang unik di langit-langit lobbi, dipadukan  dengan sofa-sofa cantik berwarna pastel yang turut mempermanis ruangan. Tidak jauh dari lobb terdapat semacam mini bakery, sehingga tamu hotel bisa menikmati kudapan sambil duduk-duduk santai di lobbi (dengan tambahan biaya).




Setelah selesai check in, kami segera menuju ke kamar kita di lantai 5. Dari lobbi menuju lift, terdapat lorong dengan karpet tebal bermotif dengan logo hotel dengan warna keemasan di sisi kanan dan kiri dinding.



Kamar Nyaman dan Lapang
Dan, sesampainya di lantai 5, kamipun segera menuju ke kamar.
Taraaa, ini dia kamar yang kami tempati. Saat menginap di penginapan/hotel, saya menyukai kamar dengan kesan luas dan lapang. Nyaman untuk menginap, cukup untuk shalat, ada ruang untuk selonjoran atau sekedar untuk anak-anak lari-larian. Dan kamar yang kami tempati di Grand Edge ini bisa memfasilitasi apa yang kami butuhkan. Kamar ini memiliki double bed dengan bed sheet berwarna putih bersih dengan masing-masing bed terdiri dari 2 bantal. Mendapatkan kamar yang berjendela menambah keseruan  dalam menginap di hotel. Apalagi di kamar ini disediakan sebuah sofa tebal berwarna ungu di sisi jendela. Anak-anakpun bergantian duduk di sofa sambil menikmati view dari luar hotel.

Desain kamar juga elegan dengan gorden tebal berwarna gold dan viltrasi dengan warna ungu tua  ditambah motif batik di sisi tempat tidur menunjukan konsep hotel yang mengadopsi budaya Semarang berupa Batik Secondary Skin. Sentuhan elemen kayu yang digunakan pada nakas, bed-head dan meja rias membuat suasana kamar serasa homey dan simpel. Lantai kamar tidak  dialasi karpet. Mungkin agar lantai lebih mudah dibersihkan.

Di kamar hotel, biasanya arah kiblat bisa ditemukan di langit-langit kamar. Alhamdulillah, kamar ini cukup lapang, dan kita bisa shalat di space antara nakas dan tempat tidur. Cukup longgar.




Kamar hotel ini sendiri memiliki fasilitas kamar yang lengkap, diantaranya 24 jam room service, International TV channel, wifi nya juga bagus, complimentary, mini bar, dan refrigerator. AC nya juga nyaman sehingga kita bisa tidur tenang dan gak berisik. Kamar yang kami tempati juga penerangannya bagus, ada lampu kamar mandi, lampu tidur, lampu baca, dan lampu kamar. Saat waktunya tidur, karena twins bed ini tidak ada sekatnya, maka kedua bed kami geser sehingga menyatu. Kami sekeluarga memilih hanya memakai lampu tidur yang redup, dengan suasana sunyi dan tenang, AC di kecilkan, lalu ngumpet bareng di duvet cover dan  itu jadi quality time sederhana yang rasanya luar biasa.

Bersenang-senanglah, karena hari ini akan kita rindukan-SO7


Dari lantai 5 ini, kita juga bisa menikmati view kota Semarang dari ketinggian. Kebetulan saat baru datang, saat itu sedang turun gerimis sehingga kami benar-benar memanfaatkan family time di kamar. Memanfaatkan sofa besar berwarna ungu tua di sisi jendela untuk leyeh-leyeh, melihat pemandangan di luar sambil ngemil bekal dan nonton film kartun.

Yang unik dari kamar ini adalah efisiensi ruangan. Antara kamar tidur dan kamar mandi terpisah oleh nakas multi fungsi. Nakas pada sisi yang menghadap ke kamar tidur di fungsikan untuk teko (tea/coffee maker) dan complimentary (gelas, teh, kopi, gula, gula coklat, kreamer) di bagian atasnya. Di depan complimentary terdapat toiletries (shower  cup, sanitary bag, sikat gigi, sabun, sampo dan losion).  Untuk sabunnya ada 2 macam, soap bar dan soap gel. Jadi kalau mau mandi nakas ini bisa ditutup dengan tirai buka tutup.

 Tirai dibuka, dari sisi kamar tidur.

Tirai dibuka, dari sisi kamar mandi. Kamar tidurnya keliatan kan?

Pintu kamar mandi juga merangkap pintu almari (connecting door). Kalau lemari ditutup maka kamar mandi terbuka, sebaliknya, jika kita mau ke kamar mandi maka pintu lemari harus ditutup.



Ada apa di kamar mandi? Di sisi nakas, terdapat sebuah wastafel unyu berbentuk bulat, dengan sepasang handuk dan hair dryer. toilet, dan rain shower. Perangkat ini penting dan berguna banget saat bepergian, apalagi jika hotel dilengkapi kolam renang. Gak nyaman kan, bepergian dengan rambut basah dan berjilbab? Hair dyer ini juga lumayan membantu, karena saya dan suami bawa 3 anak. Selesai mandi, mereka bisa melanjutkan perjalanan dengan rambut bersih dan kering. 


Pintu kamar mandi juga menggunakan model connecting door. Antara toilet dan tempat mandi (shower) hanya ada satu pintu. Jika mau mandi maka toilet terbuka. Jika mau ke toilet maka tempat mandi yang terbuka. Intinya, jika kita mau ke kamar mandi, maka tirai di atas nakas di tutup dan lemari dibuka.

 
 
Seperti yang telah direncanakan sebelumnya, salah satu alasan memilih hotel ini karena memiliki fasilitas kolam renang. Jadi keesokan harinya, setelah sarapan kami segera menuju kolam renang. Karena baru hujan jadi lantainya agak basah. Kolam renangnya sendiri bertema outdoor, setelah keluar dari lift kita melewati resto dan lounge untuk menuju ke kolam renang.








Di sekeliling kolam terdapat kursi-kursi rotan dan tempat bilas, di sisi lounge terdapat ruang ganti yang dilengkapi loker dan kamar mandi. Di loker juga telah disediakan handuk, jadi tidak usah bawa handuk dari kamar. Pemandangan dari kolam renang juga bagus, anak-anak langsung sorak-sorak bergembira saat mereka berenang lalu ada pesawat melintas di atasnya.  Kolam renangnya sendiri terdiri dari kolam anak dan kolam dewasa. Saat kami ke sana terdapat free 2 buah pelampung yang bisa digunakan bergantian dengan pengunjung lain.

Begitulah staycation ala-ala kami di Grand Edge Semarang, terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. 

Hotel Grand Edge Semarang
Alamat: Jl. Sultan Agung No.96, Wonotingal, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50252
Telepon: (024) 86010888




Komentar

  1. setiap kali mudik ke solo, aku sekeluarga pasti lewatin semarang. tp krn udh deket dr solo, pak suami blm mau untuk stay di sana. padahl kalo bisa nginep di semarang, selain nikmatin staycationnya, aku pgn kulinerannya itu mba :D. makanan semarang aku suka tuh, trutama lumpia, tahu petis :D.

    kapan2 hrs bujukin pak suami utk stay di semarang. kalo nyari hotelpun aku biasanya cari yg ada pool, krn anak2 suka berenang. kayaknya ga lengkap gt yaaa nginep di hotel tp ga berenang :D

    BalasHapus
  2. Wah kece nih hotelnya, bisa jadi rekomendasi pas ke Semarang. Soalnya ada rencana tahun depan ke tempat keluarga di Pasti tapi mampir dulu ke Semarang :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer