Prive Uricran, Solusi Tepat Atasi Anyang-anyangan

Assalamualaikum..

Alhamdulillah, tahun ini bisa kita bisa kembali bertemu dengan bulan suci ramadhan, dan bisa merayakan lebaran bersama keluarga. Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat lebaran kami manfaatkan untuk bersilaturahim ke kediaman orang tua, dan berkunjung ke saudara-saudara, apalagi libur lebaran kali ini lumayan longgar dan berbarengan dengan liburan sekolah.

Bisa dibilang sejak menikah, setiap tahun saya menjalani tradisi mudik. Kami pernah mudik dengan bus, travel, shuttle, kereta api, dan mobil. Setiap tahun beda-beda ceritanya. Pernah lancar jaya dari Wonosobo-Jepara cuma 4 jam, pernah juga kena macet sampai Jepara sudah malam, pernah naik bus, lalu dioper shuttle, semua suka duka mudik menjadi pengalaman yang seru bagi kami. Dan setiap perjalanan jauh, salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah toilet. Toilet yang bersih khususnya. Apalagi kami membawa 3 balita. Menahan buang air kecil selama di perjalanan itu sangat tak enak, tapi efeknya jauh lebih tak enak.
Menahan buang air kecil ini bisa menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) atau lebih di kenal dengan anyang-anyangan.

Pada liburan kali ini Insyaallah, dari sekian banyak saudara, salah satu saudara yang akan kami kunjungi adalah bulik (adiknya bapak) yang sebelum ramadhan baru saja operasi batu ginjal.

Kami tinggal berbeda kota, menurut  informasi, pada suatu malam, bulik merasa sakit yang amat sangat, lalu malam itu juga dibawa ke rumah sakit dan ternyata bulik menderita penyakit batu ginjal. Tindakan operasi pun diambil melalui operasi laser, dan alhamdulillah 60%-70% batu ginjalnya berhasil diatasi. Paska operasi, bulik merasa nyeri, panas saat buang air kecil, bahkan sempat kencingnya berdarah.

Bulik kami ini memang sudah lama terkena anyang-anyangan. Sering mendapat gangguang ingin buang air kecil, hal ini menyebabkan beliau enggan bepergian karena sebentar-sebentar ingin buang air kecil, bahkan anyang-anyangan ini sempat mengganggu saat beliau menunaikan ibadah haji tahun 2006 silam. 

Sumber. www. uricran.co.id

Awalnya, saya mengira anyang-anyangan adalah gangguan saat buang air kecil yang bisa sembuh dengan sendirinya. Karena sayapun sempat mengalami anyang-anyangan saat hamil, terutama saat usia kehamilan makin bertambah.  Banyak minum air putih menjadi solusi, agar anyang-anyangan bisa teratasi. Namun, adakalanya sudah banyak minum, tapi anyang-anyangan belum juga mau pergi. 

APA ITU ANYANG-ANYANGAN?
Kebanyakan dari kita tidak mengetahui apa yang menyebabkan anyang anyangan, padahal kita sering mengatakan bahwa gangguan pada saat buang air kecil ini yakni “anyang-anyangan”. Dalam istilah kedokteran, anyang-anyangan biasa disebut dengan infeksi saluran kemih. Ternyata anyang-anyangan ini bukan hal sepele dan harus segera diatasi. Apalagi risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan sampai bertahun-tahun.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Ketika mengenai saluran kemih bawah dinamai sistitis (infeksi kandung kemih) sederhana, dan ketika mengenai saluran kemih atas dinamai pielonefritis (infeksi ginjal). Gejala dari saluran kemih bawah meliputi buang air kecil terasa sakit dan sering buang air kecil atau desakan untuk buang air kecil (atau keduanya), sementara gejala pielonefritis meliputi demam dan nyeri panggul di samping gejala ISK bawah. Pada orang lanjut usia dan anak kecil, gejalanya bisa jadi samar atau tidak spesifik. Kuman tersering penyebab kedua tipe tersebut adalah Escherichia coli, tetapi bakteri lain, virus, maupun jamur dapat menjadi penyebab meskipun jarang.

Penyakit ini bisa terjadi kepada siapa saja, baik itu lelaki, perempuan, ataupun tua dan muda. Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda kalau kita mengalami anyang-anyangan. Diantaranya:
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih atau sakit saat buang air kecil.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam.
Tanda-tanda diatas terkadang muncul berbarengan, tapi tidak jarang hanya muncul satu persatu. Apabila Anda mengalami salah satu hal diatas, kemungkinan terkena anyang-anyangan.

APA PENYEBAB  ANYANG-ANYANGAN?
Kenapa sih anyang-anyangan ini bisa muncul? Ada beberapa penyebab anyang-anyangan diantaranya yaitu:
1. Bakteri E.Coli
Yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah bakteri E.Coli. E. coli adalah penyebab dari 80–85% infeksi saluran kemih, dan Staphylococcus saprophyticus menjadi penyebab pada 5–10%. Meskipun jarang, infeksi virus atau jamur dapat menyebabkan penyakit ini. Bakteri penyebab lainnya meliputi: Klebsiella, Proteus, Pseudomonas, Enterococcus dan Enterobacter. Hal ini tidak umum ditemukan dan biasanya berkaitan dengan abnormalitas saluran kemih atau pemasangan kateter urin.
Bakteri E.Coli yang masuk ke dalam saluran kemih bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan. Oleh sebab itulah jagalah kebersihan saat anda berkemih atau saat anda ke kamar mandi.
2. Chlamydia
Bakteri chlamydia merupakan salah satu bakteri yang bisa menyebabkan anyang-anyangan, Penyebab anyang-anyangan pada wanita yang disebabkan oleh Chlamydia sering kali terjadi. Hal ini karena bakteri itu ada pada vagina wanita. Saat wanita terkena keputihan bakteri itu bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan wanita menjadi terkena keputihan.
3. Alergi
Pada pria anyang-anyangan bisa disebabkan oleh faktor alergi. Alergi itu bisa disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang adapada pasangannya setelah berhubungan intim. Pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita ini penting dilakukan oleh pria agar tidak mengganggu aktivitas seksualnya bersama dengan pasangan.
4. Kurang Menjaga Kebersihan
Penyebab timbulnya anyang-anyangan adalah kurang menjaga kebersihan organ intim terutama sebelum dan sesudah berhubungan. Banyak pasangan yang sebelum melakukan hubungan seksual tidak membersihkan organ intimnya terlebih dahulu, begitu pula setelah berhubungan seksual. Hal itu bisa menjadi penyebab timbulnya anyang-anyangan.
Bakteri dan kuman yang ada di dalam organ intim bisa masuk ke dalam saluran kemih jika tidak dibersihkan terlebih dahulu. Akibatnya dua hari atau sehari setelah berhubungan baik pihak pria maupun wanita bisa terkena anyang-anyangan.
5. Struktur Organ Intim yang Tidak Normal
Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah struktur organ intim yang tidak normal. Struktur itu misalnya saja adalah refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan itu bisa memunculkan infeksi saluran kemih.
6. Gangguan Prostat
Prostat yang tergangggu fungsinya bisa menjadi penyebab anyang-anyangan pada pria. Hal itu dikarenakan prostat tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
7. Diabetes
Salah satu yang bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah penyakit kronis seperti diabetes. Diabetes mellitus penderitanya akan mengalami anyang-anyangan yang timbul akibat reaksi dari penyakitnya tersebut. Orang yang mengalami diabetes mellitus akan merasakan ingin selalu buang air kecil meskipun urin yang dikeluarkannya hanyalah sedikit. Tidak hanya diabetes saja, saat kadar asam urat dan tekanan darah tinggi, orang tersebut bisa terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.
8. Dehidrasi
Dehidrasi juga menjadi penyebab seseorang yang mengalami anyang-anyangan, alasannya adalah saat orang dehidrasi dia akan memproduksi sedikit urin. Semakin dia membiarkan tubuhnya dehidrasi, produksi urin akan semakin sedikit dan menyebabkan dirinya menjadi sulit untuk berkemih. Orang yang dehidrasi juga akan merasakan ingin selalu buang air kecil namun volume urin yang dikeluarkan hanyalah sedikit. Jika sudah begitu, anyang-anyangan pun bisa menyerang orang yang terkena dehidrasi tersebut.
9. Kehamilan
Orang yang sedang hamil tua biasanya akan mengalami anyang-anyangan. Penyebab anyang angan pada wanita ini adalah pada saat usia kandungan membesar kandungan itu akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan membuat seseorang selalu ingin buang air kecil atau berkemih. Meskipun urin yang ada di dalam kantung kemih sedikit, jika kantung kemih itu tertekan maka ibu hamil bisa merasakan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.
Infeksi saluran kemih lebih merupakan kekhawatiran pada kehamilan karena meningkatnya risiko infeksi ginjal. Selama kehamilan, tingkat progesteron yang tinggi meningkatkan risiko berkurangnya tonus otot ureter dan kandung kemih, yang mengakibatkan lebih besarnya kemungkinan refluks, yakni urin mengalir kembali ke ureter di bagian atas dan menuju ginjal . Meskipun risiko bakteriuria asimtomatik tidak meningkat pada perempuan yang hamil, bila terdapat bakteriuria maka mereka memiliki risiko infeksi ginjal sebesar 25-40%. Oleh karena itu bila pemeriksaan urin menunjukkan tanda-tanda infeksi—meskipun tanpa gejala—sebaiknya diberikan terapi. Infeksi ginjal selama kehamilan dapat mengakibatkan kelahiran prematur atau pre-eklampsia (keadaan tekanan darah tinggi dan disfungsi ginjal selama kehamilan yang dapat menyebabkan kejang)
10. Alat KB
Efek dari penggunaan alat KB adalah rasa ingin buang air kecil secara terus menerus, terutama jika alat KB tersebut berbentuk spiral yang dimasukkan ke dalam rahim wanita. Selalu kontrol alat KB anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan.
11. Menopause
Menopause bisa menyebabkan wanita terkena anyang-anyangan. Penurunan hormon estrogen bisa menyebabkan seseorang menjadi terkena infeksi saluran kemih.
12. Batu Ginjal
Batu ginjal yang dialami oleh pria dan sedikit wanita bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi. Batu ginjal itu bisa menekan saluran kemih sehingga rasa ingin berkemih terus-terusan namun tidak bisa dikeluarkan semua dikarenakan tersumbat dengan adanya batu ginjal tersebut.

BAKTERI PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN
80-85% dari kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E.Coli.
Bakteri ini biasanya masuk ke saluran kemih melalui uretra, dimana setelah memasuki kandung kemih, E. Coli dapat menempel ke dinding kandung kemih dan membentuk biofilm yang kebal terhadap respon kekebalan tubuh.

FAKTOR GENETIS & BIOLOGIS
Beberapa faktor penyebab yang menjadikan penyakit anyang-anyangan ini muncul adalah akibat bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Kurang terjaganya kebersihan organ kemaluan wanita yang bisa memicu masuknya bakteri E. coli ke dalam saluran kemih kita. Bakteri ini biasanya berasal dari dubur atau anus.
Hal ini disebabkan uretra atau saluran kencing pada wanita yang meneruskan urine dari kandung kemih ke bagian luar tubuh terletak dekat dengan anus. Membilas dari belakang ke depan mengakibatkan bakteri dari usus besar, seperti E.coli, dapat keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing. Bakteri ini kemudian menginfeksi kandung kemih yang jika tidak segera diobati juga dapat menginfeksi ginjal.
Jika kebersihan pada celana dalam kurang terjaga dengan baik maka pertumbuhan bakteri juga akan semakin subur. Dan selain akibat masalah kebersihan, penyebab yang lainnya adalah kurangnya asupan minum air putih yang dapat menimbulkan resiko anyang-anyangan. Kekurangan minum air putih ini akan semakin parah jika disertai juga dengan aktivitas fisik yang sangat berat misalnya adalah melakukan olahraga dengan berlebihan dsb.

ORANG DENGAN RESIKO TERKENA ANYANG-ANYANGAN

Semua orang, laki-laki atau perempuan, memang dapat mengidap anyang-anyangan, namun ada yang lebih berisiko mengalami situasi ini, yaitu:
  • Wanita lebih berisiko mengidap anyang-anyangan karena saluran kencingnya lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih.
  • Wanita yang aktif secara seksual lebih berisiko mengidap anyang-anyangan.
  • Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi, terutama kontrasepsi diafragma dan spermisida.
  • Memiliki kelainan saluran kemih bawaan sejak lahir yang menyebabkan urine tidak dapat keluar dari tubuh secara normal atau mengalir kembali ke kandung kencing sehingga meningkatkan risiko.
  • Wanita yang telah masa menopause, risiko terkena anyang-anyangan meningkat karena kurangnya kadar estrogen mengubah keadaan imun kandung kemih sehingga lebih rentan untuk terinfeksi.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh akibat penyakit tertentu, seperti diabetes, sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa melawan bakteri.
  • Mengalami penumpukan urine pada kandung kencing akibat sumbatan pada saluran kencing seperti pembesaran prostat yang menekan saluran kencing atau batu ginjal.
  • Orang yang menggunakan kateter untuk buang air kecil.
Jika berada pada salah satu dari kondisi di atas, sebaiknya kita harus berhati-hati dan segera melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar terhindar dari risiko anyang-anyangan.

PENCEGAHAN DARI RISIKO TERKENA ANYANG-ANYANGAN
Sebelum terkena resiko anyang-anyangan, lebih baik kita lebih menjaga pola hidup agar terhindar dari resiko anyang-anyangan (infeksi saluran kemih) ini, diantaranya dengan cara :
  • BUANG AIR KECIL
Jangan langsung tidur setelah berhubungan. Lima menit setelah berhubungan seksual sebaiknya segera membasuh organ intim dengan air yang mengalir, tidak hanya itu saja disarankan untuk segera buang air kecil agar kuman dan bakteri yang berusaha masuk ke dalam saluran kemih bisa luruh bersamaan dengan air kencing tersebut.
  • MENJAGA KEBERSIHAN
Sebaiknya pria maupun wanita menjaga kebersihannya, terutama jika ingin berhubungan seksual. Sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual sebaiknya organ intim dibersihkan terlebih dahulu. Membesrihkannya cukup dengan air yang bersih saja, basuhlah organ intim menggunakan air yang bersih. Jangan menggunakan sabun karena dikhawatirkan ph atau kadar keasamannya tidak sesuai dengan organ intim terutama vagina.
  • CEBOK DENGAN BENAR
Cebok dengan cara yang benar bisa menghindarkan anda dari infeksi saluran kemih. Kebanyakan orang menggunakan cara cebok yang salah yaitu dari belakang ke depan, padahal cebok yang benar adalah dengan cara depan ke belakang. Sehingga kuman dan bakteri tidak akan masuk ke vagina. Jika cebok dari arah belakang ke depan justru akan membawa semua kuman dan bakteri masuk ke dalam vagina sehingga rentan menyebabkan anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.
  • JANGAN MENAHAN BERKEMIH
Ini dia yang kadang agak susah dilakukan. Kadang karena kondisi, kita terpaksa menahan berkemih. Bahaya menahan kencing (berkemih) justru bisa membuat seseorang terkena infeksi dikarenakan menahan berkemih bisa membuat seseorang terkena batu ginjal. Batu ginjal merupakan salah satu penyebab seseorang terkena infeksi saluran kemih.
  • CELANA DALAM KETAT
Bakteri Chlamydia bisa muncul karena celana dalam yang ketat. Wanita yang sedang mengalami keputihan akan memiliki banyak bateri dan jamur di organ intimnya. Kondisi itu akan diperparah dengan penggunaan celana dalam yang ketat. Celana dalam yang ketat bisa menjadi penyebab anyang anyangan karena kuman dan bakteri saat keputihan bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
  • MANDI DENGAN AIR YANG MENGALIR
Mandi dengan air yang mengalir bisa mencegah adanya infeksi saluran kemih. Alasannya adalah saat mandi menggunakan air yang mengalir kuman dan bakteri bisa luruh bersamaan dengan air yang diguyurkan. Sedangkan mandi dengan bath up bisa membuat kuman dan bakteri berada di dalam rendaman air di dalam bath up tersebut.

PENANGANAN UNTUK ANYANG-ANYANGAN
Jika tidak segera ditangani, anyang-anyangan dapat membawa risiko serius, seperti kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal akut atau kronis, terutama pada anak-anak. Pada ibu hamil, anyang-anyangan yang tidak ditangani dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.
Rajin mengkonsumsi buah yang mengandung Proantocyanidin (PAC) seperti Cranberry. Karena Proantocyanidin (PAC) dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih. Seperti apa sih, buah cranberry, apa bedanya dengan strawberry dan blueberry?


Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.


Pada awalnya, sejak jaman terdahulu, cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan, dikarenakan kandungannya yang amat sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Di Indonesia, buah cranberry ini masih sulit di dapat, harganya mahal, dan agak ribet karena harus diolah dulu jadi jus sebelum dikonsumsi. Untungnya sekarang ada Prive Uricran yang mengandung ekstrak buah cranberry untuk mengatasi anyang-anyangan. Prive Urican ini ada 2 macam,
  1. Prive Uri-cran dalam kapsul yang mengandung 250mg ekstrak cranberry. Setiap box berisi 30 kapsul dan powder. Untuk kapsul, bisa dikonsumsi 1-2 kapsul per hari
  2. Prive Uri-cran Plus dalam bentuk powder. Mengandung 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. bisa dikonsumsi 1-2 sachet per hari. Per box berisi 15 sachet.
Sumber. www.uricran.co.id

Mengatasi anyang-anyangan menjadi lebih mudah, praktis dan enak. Tak perlu repot mencari dan mengolah buah cranberry. Untuk yang powder bisa diseduh seperti syrup. Sehat itu nikmat. Apalagi setiap pembelian 1 box Prive Uricran bisa mendapatkan 1 poin yang jika terkumpul dalam jumlah tertentu bisa diikutkan dalam program My Uricran's Loyalty Gift dan dapat ditukar dengan berbagai hadiah seperti Frypan Maxim, Maxim Venice Set, Maxim Presto Cooker, dan Microwave. Wah..hadiahnya menggoda banget untuk ibu-ibu dan pastinya sangat bermanfaat. Dapat sehatnya, dapat manfaatnya, dapat hadiahnya. Keuntungannya jadi dobel-dobel deh...

Prive Uricran powder, tinggal seduh, langsung kerasa enak dan sehatnya

Prive Uri-Can ini juga mudah didapat di apotek terkemuka seperti Century, Guardian, Kimia Farma, Watson, Viva Generik dan berbagai  Apotek  di setiap kota. Atau bisa juga menghubungi kontak Combiphar di bawah ini:
0800-1-800088 (bebas pulsa)
Senin-Jumat : 08.00-17.00

@CombiCareCenter
51F0B55B / COMBICC
081806800088


Takut terkena anyang-anyangan? Tidak lagi. Dengan Prive Uricran, kesehatan kewanitaan terjaga, bebas dari anyang-anyangan.


Referensi:
1.http://uricran.co.id
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Infeksi_saluran_kemih

Komentar

  1. Anyang-anyangan ini sangat beresiko banget ya buat wanita. Untung aja ada Uricram jadi bisa cepat teratasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, untung sekarang ada prive uricran ya..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

MENIKMATI EKSOTISME JEPARA DI PANTAI BANDENGAN DAN PULAU PANJANG