Turunkan Kolesterol Jahat, Kurangi Resiko Penyakit Jantung dan Stroke

Beberapa bulan yang lalu, kantor suami mengadakan medical chek up, bekerja sama dengan  sebuah laboratorium. Ini memang program 2 tahun sekali. Yang di chek antara lain tekanan darah, LDL, HDL, kolesterol dan trigliserida.

Dari hasil test tersebut kami bisa mengetahui berapa kadar LDL, HDL, dan trigliserida serta tekanan darah suami. Test seperti ini memang sangat penting mengingat di usia produktif dengan kisaran usia di atas tiga puluh tahun, kadar kolesterol dan tekanan darah memang patut di waspadai apalagi bagi para pekerja yang banyak duduk di depan komputer dan kurang gerak. Melihat hasil test tersebut, kami seperti mendapat warning untuk lebih hati-hati dalam mengatur pola makan dan gaya hidup.

Tabel LDL, HDL dan Trigliserida. (tabel dari sini)

Trigliserida adalah salah satu bentuk lemak yang diserap oleh usus setelah mengalami hidrolisis. Trigliserida kemudian masuk ke dalam plasma dalam 2 bentuk yaitu sebagai klomikron berasal dari penyerapan usus setelah makan lemak, dan sebagai VLDL (Very Low Density Lipoprotein) yang dibentuk oleh hepar dengan bantuan insulin. Trigliserida ini di dalam jaringan diluar hepar (pembuluh darah, otot, jaringan lemak), dihidrolisis oleh enzim lipoprotein lipase. Sisa hidrolisis kemudian oleh hepar dimetabolisasikan menjadi LDL. Kolesterol yang terdapat pada LDL ini kemudian ditangkap oleh suatu reseptor khusus di jaringan perifer itu, sehingga LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat.

Trigliserida merupakan lemak-lemak darah yang cenderung naik seiring dengan konsumsi alkohol, peningkatan berat badan, diet yang kaya dengan gula dan lemak serta gaya hidup yang banyak duduk . Penambahan trigliserida meningkatkan resiko perkembangan penyakit jantung dan stroke. Terbukti bahwa orang-orang yang mempunyai trigliserida tinggi juga cenderung untuk mendapatkan tambahan-tambahan dalam tekanan darah dan resiko tambahan untuk mengembangkan penyakit diabetes.
 
HDL kolesterol singkatan dari high density lipoprotein cholesterol atau kolesterol lipoprotein berkepadatan rendah, juga dikenal sebagai kolesterol baik. Peranan kolesterol HDL adalah membawa kembali kolesterol buruk ke organ hati untuk pemrosesan lebih lanjut. Orang-orang dengan kadar tinggi dari tipe kolesterol ini hanya sebagian yang terlindung dari penyakit jantung. Tentu saja, seseeorang yang mempunyai kadar kolesterol HDL dalam kategori sangat baik masih beresiko terkena penyakit jantung. Sebagian cenderung mempunyai beberapa faktor resiko lainnya, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan kebiasaan merokok.

sumber gambar dari sini

LDL kolesterol singkatan dari low density lipoprotein cholesterol atau kolesterol lipoprotein berkepadatan rendah. Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat karena kolesterol LDL melekat pada dinding arteri dan bisa menyebabkan perkembangan penutupan-penutupan arteri.

Faktor usia juga mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. 80% kolesterol dihasilkan oleh hati, jadi jika kita memiliki pola makan yang kurang baik seperti kurang makan buah, sayur dan juga kurang berolahraga, bukan tidak mungkin kita terserang penyakit kolesterol. Gejala penyakit kolesterol ini diantaranya kesemutan, rasa sakit pada persendian, pusing atau migrain yang sering kambuh. 

Gejala penyakit kolesterol memang tidak spesifik, namun yang berbahaya, kolesterol ini bisa memicu penyakit stroke dan gejala serangan jantung. Jika ada sumbatan pada arteri koroner, jantung kita mendapatkan terlalu sedikit darah dan oksigen. Tanpa oksigen yang cukup, jantung akan menjadi lemah dan rusak. Jika plak pecah, maka gumpalan darah dapat terbentuk di atas penumpukan tersebut sehingga menghambat aliran darah lebih jauh lagi. Atau gumpalan darah tersebut dapat pecah dan mengalir ke arteri di bagian lain dari tubuh. Jika sumbatan menghalangi aliran darah ke jantung, maka  dapat memicu gejala serangan jantung. Serangan jantung adalah gawat darurat. Beberapa menit pertama adalah sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan penderita. Beberapa kerusakan akibat serangan jantung dapat diperbaiki pada jam pertama saja. Gejala yang utama serangan jantung adalah sakit yang sangat pada dada. Sakit bisa saja terjadi pada bahu, perut, dan rahang, nyeri, sesak napas, kelelahan, palpitasi (jantung berdebar), serta pusing dan pingsan. Suatu serangan jantung selalu merusak otot jantung.
 
 sumber: wikipedia

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang memilik resiko tinggi terkena penyakit jantung diantaranya memasuki usia 45 tahun bagi pria, memasuki usia 55 tahun bagi wanita atau mengalami menopause dini, riwayat penyakit jantung dalam keluarga, diabetes, merokok, tekanan darah tinggi (hipertensi), kegemukan (obesitas), gaya hidup buruk dan juga stress.

Gejala Stroke ringan. Sumber dari sini

Bukan hanya memicu penyakit jantung, olesterol juga merupakan salah satu faktor penyebab penyakit stroke. Penyakit stroke adalah suatu kejadian rusaknya sebagian dari otak. Terjadi jika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat, atau jika robek atau bocor.

Tanda-tanda penyakit stroke antara lain hemiplegia (ketidakmampuan untuk menggerakkan satu atau lebih anggota badan dari salah satu sisi badan, aphasia (ketidakmampuan untuk mengerti atau berbicara), atau tidak mampu untuk melihat salah satu sisi dari luas pandang (visual field). 

Faktor-faktor penyebab stroke diantaranya, usia, tekanan darah tinggi, stroke sebelumnya, diabetes, kolesterol tinggi, merokok, atrial fibrillation, migraine dengan aura, dan thrombophilia (cenderung thrombosis). Cara yang terbaik untuk mencegah terjadinya stroke adalah dengan mengidentifikasi orang-orang yang berisiko tinggi dan mengendalikan faktor risiko stroke sebanyak mungkin, seperti kebiasaan merokok, hipertensi, dan stenosis di pembuluh karotid, mengatur pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang mengandung kolesterol jahat (LDL), serta olaraga secara teratur.

Memasuki usia tiga puluhan, kita memang harus mulai waspada dengan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. Tidak bisa dipungkiri, kolesterol yang tidak terkontrol dan tekanan darah tinggi bisa memicu banyak penyakit, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain mengecek kadar LDL, dan HDL penting juga mengetahui berapa tekanan darah kita. Jika tekanan darah kita tinggi, itu tandanya kita harus merubah gaya hidup bahkan jika perlu mengkonsumsi obat atau suplemen untuk menormalkan tekanan darah.
sumber: Wikipedia

Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Hipertensi adalah faktor resiko utama untuk stroke, infark miokard (serangan jantung), gagal jantung, aneurisma arteri (misalnya aneurisma aorta), penyakit arteri perifer, dan penyebab penyakit ginjal kronik. Bahkan peningkatan sedang tekanan darah arteri terkait dengan harapan hidup yang lebih pendek.

Lalu, setelah mengetahui resiko-resiko yang mungkin timbul akibat tekanan darah tingi dan kadar kolesterol yang meningkat, apa yang harus kita lakukan?
Tentu saja mengubah pola makan dan gaya hidup. Mengimbangi rutinitas harian dengan olahraga teratur dan tidak melupakan buah dan sayur dalam menu sehari-hari, menghindari stress, berhenti merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, menghindari atau mengobati obesitas/kegemukan, dan mengkonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh. Bagaimana jika sudah terlanjur mendapati kadar kolesterol tinggi atau mnderita hipertensi? Dont worry, kini ada seplemen kesehatan sebagai obat kolesterol dan obat hipertensi. Untuk material Cangkang Kapsul, Omepros menggunakan gelatin yang diproduksi dari tulang muda sapi (Bovine Cartilage). Validasi sekaligus Sertifikasi kehalalan cangkang kapsul Omepros dilakukan oleh IFANCA ( The Islamic Food and Nutrition Council of America) terhadap produsen cangkang kapsul Omepros. 


Sertifikat Halal Omepros. Sumber gambar dari sini

Omepros adalah suplemen makanan yang memiliki kandungan dari perpaduan asam lemak essensial yang bersumber dari minyak ikan salmon  dan minyak nabati.  Kedua minyak tersebut sangat penting untuk proses fisiologis tubuh agar semua jaringan tubuh berfungsi normal. Kita sama sama mengetahui manfaat minyak ikan sangat penting bagi tubuh. Manfaat omepros juga cukup penting bagi menjaga kesehatan jantung dan tubuh manusia.


Minyak ikan salmon (salmon oil) memiliki kandungan Omega 3 yang dapat mencegah terbentuknya Tromboxan A2, yaitu senyawa yang bertindak sebagai penyebab pengerasan dan penebalan pembuluh darah arteri. Selain itu, Omega 3 juga dapat membantu mencegah resiko akibat radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel otot jantung. Sedangkan minyak nabati (vegetable oil) berfunsi sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah, mencegah hipertensi, serta mencegah resiko terjadinya serangan jantung.
Omepros merupakan salah satu produk suplement yang diproduksi oleh PT. Pharos Indonesia yang dikemas dalam bentuk kapsul. Setiap kemasan omepros terdiri dari 60 kapsul dan juga 30 kapsul per botolnya.
Omepros merupakan suplemen makanan yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut manfaat omepros bagi kesehatan tubuh :
1. Membantu mencegah resiko serangan jantung dan stroke
Salah satu fungsi tubuh manusia adalah untuk memproduksi kolesterol, kita bisa mendapatkan kolesterol dari berbagai macam makanan yang kita konsumsi seperti telur, daging, dan produk susu. Ketika seseorang memiliki kadar kolesterol lebih tinggi daripada kebutuhan tubuh, maka hal itu dapat menimbulkan plak yang pada akhirnya akan menumbuk di arteri.
Plak yang semakin tebal dan mengeras dapat menyumbat pembuluh arteri dan akhirnya mengganggu aliran darah ke jantung. Hal inilah yang menimbulkan terjadinya serangan jantung dan stroke. Kandungan omega 3,6,dan 9 dalam omepros dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat meicu terjadinya seranagn jantung dan stroke.

2. Membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah
Kolesterol merupakan sejenis lipid yang mengandung lemak sterol yang ditemukan dalam membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kadar kolesterol normal dalam tubuh manusia adalah 160 hingga 200 mg. Jika tubuh kelebihan kolesterol akan berakibat timbulnya berbagai macam penyakit, seperti stroke, jantung, diabetes, dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.  Untuk menurunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol jahat (LDL) adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3.

 3. Meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh
HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan omega 3 dalam omepros dipercaya mampu membatu tubuh untuk meningkatkan HDL dalam tubuh.

4. Menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi
Hipertensi merupakan suatu kondisi kesehatan yang kronis dimana penyebabnya adalah meningkatnya tekanan darah dalam arteri. akibatnya jantung harus bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Redaksi manfaat.co.id mendapat informasi bahwa omepros juga dapat digunakan untuk hipertensi (konsultasikan dengan dokter anda). Dalam keadaan normal tekanan darah dalam tubuh mencapai 100 hingga 140 mgHg. Jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, diantaranya adalah stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri, serta penyakit ginjal kronik. Untuk membantu menormalkan tekanan darah, sebaiknya penderita hipertensi mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega3,6,dan 9.

5. Membantu memenuhi nutrisi pada otak
Manfaat omepros selanjutnya adalah memberikan nutrisi pada otak. Asupan nutrisi yang tepat seperti omega 3 dapat membantu meningkatkan perkembangan dalam otak, sehingga dapat meningkatkan IQ. Kandungan omega 3 dalam omepros dipercaya mampu mewakili tubuh anda untuk mendapatkan manfaat tersebut.


6. Mencegah penyakit Alzheimer, dementia, dan pikun di usia muda
Alzheimer merupakan sindrom yang ditandai dengan melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan berbahasa. Gangguan ini biasa terjadi pada usia 65 tahun ke atas.Namun beberapa persen manusia mengalaminya pada usia 40 hingga 65 tahun. Kandungan EPA dan DHA dalam omega 3 dapat membantu mmpertahankan fungsi kognitih pada penderita gangguan alzheimer.

7. Baik untuk sistem imun
Dalam tiap kemasan kapsul omepros memiliki kandungan sebagai berikut :  Omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan vitamin E. Selain itu, kandungan aktif dalam tiap-tiap kapsul Omepros antara lain adalah :
  • Black Currant Seed Oil sebesar 800 mg
  • Minyak ikan salmon (Salmon Oil) sebesar 150 mg
  • Flaxseed Oil sebesar 150 mg
  • Olive Oil sebesar 100 mg
  • Canola Oil sebesar 200 mg
  • Safflower Oil sebesar 50 mg
  • Vitamin E sebesar 15 IU.
Karena kesehatan adalah investasi yang tak ternilai harganya, mari menjaga kesehatan sejak dini dengan menjaga kesehatan lahir dan bathin. Mari jaga kesehatan selagi sehat, dan berusaha mencari kesembuhan jika sakit. Hasil di tangan Allah, sedangkan usaha adalah kewajiban kita.

Sumber referensi:
http://www.kabarkesehatan.com/kesehatan/tiga-faktor-resiko-hipertensi-yang-tidak-dapat-dikontrol
http://bidanpedia.blogspot.co.id/2011/11/pengertian-trigliserida-ldl-dan-hdl.html

http://dokita.co/blog/kolesterol-tinggi-penyebab-stroke-dan-serangan-jantung/
https://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_jantung
https://id.wikipedia.org/wiki/Tekanan_darah_tinggi
https://id.wikipedia.org/wiki/Stroke
http://manfaat.co.id/manfaat-omepros
http://www.nutrisains.com/index.php/our-product/omepros/252-halal.html

Komentar

  1. Ngeri ya mbak penyakit jaman skrg tidak mengenal usia....kadang kita merasa tidak makan yg aneh2 tau2 begitu cek darah hasilnya mencengangkan....berarti kita hrs atur pola hidup sehat dan pola makan ya mbak...TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, harus terus jaga pola hidup dan pola makan sblm terlambat. Trimakasih kunjunganny :)

      Hapus
  2. Infonya bagus mba, aku jadi yambah ilmu nih.. Jadi kmespros untuk mencegah kokesterol jahat beraksi tho... Aku jadi brb ingin cek darah jahat, darah baik, kolesterol nih hihihii.. Takut juga tapi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo cek mba, biar ketahuan dan bisa diantisipasi

      Hapus
  3. Aku pernah kena kolesterol..padahsl aku kurus gak gemuk.. Sampe menyut2 persendianku Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suami sy juga kurus tp pas cek kolesterol tinggi. Habis itu jd lbh hati hati jaga pola hidup dan pola makan. Kurus mmg ga jd jaminan ya mba, untung sgra ketahuan jd bs diatasi

      Hapus
  4. wwwaaahhh,, infonya berguna sekali.
    tapiii, ya gt deh, yg enak2 ya yang kolesterol hehee

    BalasHapus
  5. Permisi min,ijin share
    Ketika kolesterol berlebihan mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat.Ada cara mencegah kolesterol jahat dengan mudahnya,tanpa menggunakan obat" yang cenderung menimbulkan efek samping.Yaitu dengan mengkonsumsi air kangen atau kangen water,kenapa kangen water? Klik link yg ersedia untuk info lebih lanjut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia