Dengan Pola Hidup Sehat, Cegah Penyakit Jantung dan Stroke Sejak Dini

Bulan Sya'ban tahun ini, insyaallah bertepatan dengan4 tahun meninggalnya bapak mertua. Pada tahun 2011 beliau meninggal karena penyakit stroke. Saat serangan pertama bapak sempat mengalami kelumpuhan di angota badan sebelah kiri. Ibu mertua benar-benar memiliki kesabaran dan ketelatenan yang luar biasa dalam mengurus bapak. Di kampung halaman suami belum ada klinik terapi stroke. Bapak di terapi dengan pijat dan pengobatan alternatif. Saat serangan stroke kedua saya dan suami baru saja mengadakan aqiqah putra kami yang pertama. Setelah menjalani terapi, kondisi beliau sempat membaik, bisa berkomunikasi, bisa berjalan-jalan dengan bantuan tongkat hingga akhirnya beliau kembali ke pangkuan Allah di serangan ketiga pada bulan Sya'ban 2011.

Menurut Wikipedia Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu.Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan di sebelah anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. 
Stroke terjadi karena cabang pembuluh darah terhambat oleh emboli. Emboli bisa berupa kolesterol atau udara.

 Menurut Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki), terdapat kecenderungan meningkatnya jumlah penyandang stroke di Indonesia dalam dasawarsa terakhir. Kecenderungannya menyerang generasi muda yang masih produktif. Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya tingkat produktifitas serta dapat mengakibatkan terganggunya sosial ekonomi keluarga.
Di Indonesia, stroke merupakan penyakit nomor tiga yang mematikan setelah jantung dan kanker. Bahkan, menurut survei tahun 2004, stroke merupakan pembunuh no.1 di RS Pemerintah di seluruh penjuru Indonesia.
Diperkirakan ada 500.000 penduduk yang terkena stroke. Dari jumlah tersebut, sepertiganya bisa pulih kembali, sepertiga lainnya mengalami gangguan fungsional ringan sampai sedang dan sepertiga sisanya mengalami gangguan fungsional berat yang mengharuskan penderita terus menerus di kasur.
 
Sama halnya dengan stroke, penyakit jantung juga merupakan penyakit yang menakutkan dan mematikan. Orang yang terkena serangan jantung bisa meninggal tiba-tiba tanpa sebab sakit sebelumnya. Pernah suatu ketika, tetangga saya meninggal setelah baru saja makan siang di rumahnya. Lain cerita, adapula tetangga yang meninggal setelah memasang lampu di kamar. Sehingga keluarga yang ditinggalkan sempat mengalami shock karena tidak mengira anggota keluarganya bisa meninggal tiba-tiba. Wajarlah jika penyakit jantung disebut juga the silence death.

Nah, untuk mengurangi resiko terhindar dari penyakit ini, yuk kita cegah sejak dini dengan pola hidup sehat. diantaranya:

1. Jangan Marah
Kemarahan tidak menyelesaikan masalah, bahkan memberi efek buruk bagi kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari merdeka.com, marah bisa menyebabkan stress. Dan stres dapat menyebabkan penyakit serius seperti diabetes, depresi, tekanan darah tinggi dan penyakit Jantung. Selain itu Tekanan darah tinggi dapat disebabkan banyak hal dan kemarahan merupakan salah satu penyebab utamanya. Ketika marah, tekanan darah akan meningkat. Hal ini bisa menyebabkan banyak kerusakan pada jantung. Marah juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma. Seseorang akan merasa sulit bernapas ketika ia marah. Kemarahan juga dapat memicu serangan asma dan membuat napas seseorang terengah-engah. pasien jantung dilarang untuk terlalu sering mengekspresikan kemarahan mereka karena Serangan jantung sering terjadi, jika seseorang menjadi sangat emosional, bersemangat atau marah. Kemarahan adalah salah satu penyebab paling berbahaya yang dapat memicu serangan jantung. Selain itu, Stroke otak terjadi ketika satu atau lebih pembuluh darah di otak pecah. Hal ini dapat terjadi ketika kemarahan membuat tekanan darah Anda naik sangat tinggi. Stroke otak dapat membunuh Anda atau melumpuhkan Anda seketika. Jadi bagaimana kalau kita dilanda amarah? sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Marah itu adalah bara api maka padamkanlah dia dengan berwudlu”.[HR.Al Baihaqi]

2. Berhenti merokok
Seperti yang dilansir dari situs Majalah kesehatan, merokok menyebabkan penyakit jantung koroner yang merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Perokok memiliki peluang 2-4 kali lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung koroner dibandingkan bukan perokok. Perokok juga memiliki risiko terkena stroke dua kali lebih besar. Merokok menyebabkan sekitar 90% kematian akibat kanker paru pada pria dan 80% pada wanita. Merokok juga menyebabkan kanker kantung kencing, rongga mulut, faring, pita suara, esopagus, serviks, ginjal, pankreas dan perut. Tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok, dengan berhenti merokok, bukan saja menyayangi diri sendiri, namun juga keluarga dan menjaga kesehatan lingkungan.

3. Mengkonsumsi aneka jenis makanan bergizi untuk kesehatan jantung 
Apa yang kita makan dan bagaimana cara kita makan berpengaruh pada kondisi tubuh.  Buah-buahan dan sayuran segar mengandung banyak vitamin, zat gizi dan antioksidan. Agar jantung sehat kita perlu mengkonsumsi berbagai jenis makanan dengan aneka nutrisi yang berbeda. Seperti dilansir dari Eatingwell, makanan yang baik untuk jantung diantaranya yogurt, tomat, apel, teh hijau, popcorn, pisang, delima merah, aneka buah beri, coklat hitam, kacang-kacangan, ikan salmon, kacang hijau, biji-bijian dan kismis.

4. Mengkonsumsi Kurma

Penyakit jantung sendiri bukanlah jenis penyakit baru. Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam bukunya Thibbun Nabawi atau dalam edisi bahasa Indonesia berjudul Praktek Kedokteran Nabi menuliskan Abu Dawud meriwayatkan dalam Sunan-nya dari hadits oleh Mujahid bahwa Sa'ad berkata:"sekali waktu, aku sakit. Rasulullah SAW datang mengunjungiku dan meletakkan tangannya di tengah-tengah dadaku hingga kurasakan dinginnya tangan itu di jantungku. Beliau Shallalahu 'Alaihi Wasallam kemudia berkata: "Sesungguhnya engkau menderita penyakit jantung. Datangkan Al-Harits bin Kaladah dari (suku) Tsaqif karena ia mengetahui pengobatan. Suruh ia mengambil kurma 'Ajwah Madinah, menggilingnya beserta bijinya dan mencekokkannya kepadamu melalui mulut."
Menurut Ibnu Qayyim, kurma, khususnya kurma kering dari Madinah dan terutama kurma jenis 'Ajwah, memiliki keistimewaan luar biasa untuk mengobati penyakit jantung. Itulah sebabnya harga kurma jenis 'Ajwah biasanya lebih mahal dari harga kurma pada umumnya

5. Mengatur maalah tidur

Rasulullah juga mengatur masalah tidur. Cara tidur terbaik adalah bertumpu pada sisi kanan tubuh. Dengan posisi ini perut agak miring ke kiri sehingga makanan dalam perut berada dalam posisi yang baik. Orang juga dapat berbaring pada sisi kiri tubuhnya sebentar sehingga pencernaan menjadi lebih cepat karena perut bersandar pada liver. Setelah itu, orang harus miring ke kanan untuk membantu perut mendorong makanan ke bawah perut dan inilah cara memulai dan mengakhiri tidur sewaktu berbaring pada sisi kanan. Tidur miring ke kiri terus-menerus akan merusak jantung karena organ tubuh akan menekan jantung.

6. Olahraga teratur

Menurut sebuah penelitian, olah raga dan gerak badan (exercise) ternyata lebih mujarab dibandingkan dengan resep obat untuk mencegah kematian pada pasien penyakit jantung dan stroke.Menurut sebuah penelitian, olah raga dan gerak badan (exercise) ternyata lebih mujarab dibandingkan dengan resep obat untuk mencegah kematian pada pasien penyakit jantung dan stroke. Tentu selama tidak berlebihan ya, karena semua yang berlebihan berakibat tidak baik. Kita bisa berolahraga ringan seperti jalan kaki, lari, bersepeda, berenang atau kombinasi olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.
Menjaga kesehatan, menurut Ibnu Qayyim, tergantung dari makan dam minum yang wajar dan pada kemampuan orang dalam menjaga pakaian, tempat tinggal, udara, tidur, bangun, mobilitas istirahat, seks, dan perawatan tubuh. Jika aspke-aspek ini terpenuhi sesuai dengan kondisi tubuh, daerah, usia, dan kebiasaan, maka seseorang akan memiliki kesehatan yang baik hingga akhir hayatnya.

Bagaimana jika sudah terlanjur memiliki riwayat penyakit jantung ataupun stroke? Menurut HR. Ahmad dan Hakim, setiap penyakit ada obatnya. Jika obat yang tepat diberikan, dengan izin Allah, penyakit itu akan sembuh. Mahalnya biaya pengobatan membuat banyak penderita jantung atau stroke tak dapat menjangkaunya. Saat ini ada salah satu alternatif pengobatan di klinik terapi jantung. Penderita penyakit jantung dapat  menjalani  terapi jantung dan terapi stroke bagi penderita stroke. Klinik terapi jantung di Stanmed Center ini mengunakan metode terapi ozon. Mekanismenya darah pasien dialirkan ke sebuah tabung untuk diberi ozon, lalu dialirkan kembali ke dalam tubuh pasien. Fungsinya memperlancar peredaran darah, membunuh kuman, bakteri, jamur, menjaga asupan oksigen dalam darah dan jantung. Selain untuk penyakit jantung, Terapi ozon juga bermanfaat untu penderita stroke, diabetes, hingga berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.


Selain bermanfaat untuk terapi bagi penyakit jantung dan stroke, terapi ozon juga bermanfaat untuk mengatasi kolesterol, diabetes, masalah kecantikan dan awet muda.
Klinik Stanmed Center berlokasi di Jalan Hang Lekir Raya No. 9 Jakarta Selatan. Dengan bangunan khas rumah bali klinik ini menggunakan konsep home therapy dan menyediakan ruangan khusus yang selalu terjaga baik kebersihan maupun kenyamanannya.
 
 
Setiap pasien bebas memilih ingin melalukan terapi sembari beristirahat atau dengan suasana santai duduk di sofa yang super comfy. Karena kenyamanan pasien adalah yang  utama. Kesehatan adalah investasi masa depan. Mari jalani pola hidup sehat lahir dan batin karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

      "Tulisan ini diikutikan dalam Giveaway Terapi Ozon yang disponsori oleh 'Stanmed Center' Klinik Kesehatan dan Kecantikan"
       
       

Komentar

  1. itulah kenapa kurma ajwa disebt sebagai kurma nabi ya
    karena nabi muhammad sendiri lah yang mengistimewakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, makanya harganya juga beda karena ada hadist yg menguatkan keistimewaannya :)

      Hapus
  2. terapi ozone kayanya baru ada di kota2 besar aja yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak br ada di jakarta kayaknya

      Hapus
  3. Memang ngeri ya, penyakit Stroke ini.. Secara, olah raga tuh kurang banget. *nyadar
    Mau juga nyobain terapi ozone, alamatnya pun masih seputaran Jakarta Selatan. Nggak begitu jauh.
    Makasih infonya ya, mbak. Sukses.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mampir mbak, nyoba terapinya mumpung deket rumah :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Semangat dalam mencapai impian merupakan visi setiap orang. Semoga kita semua ada dalam kesuksesan. sehat selalu. aamiin ==>> Pengobatan Alami Kanker Payudara Tanpa Operasi

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Najaha Herbal ,artikel ini kurang kreatif, #copas

    BalasHapus
  9. terima kaish infonya
    Obat asam urat is a drug that is much sought after by women and men over the age of 30 years, as many are affected by gout. Even now under the age of 30 years have been exposed to acute uric acid. If the disease is severe will result in the joints can not move. But you need not worry, because now it appears obat asam urat. Traditional obat asam urat is one of the traditional Obat asam urat nutritious high uric acid and obat asam urat potent naturally from the first. Not only can be used for obat asam urat, but it can also treat high cholesterol.

    If you are looking for a obat asam urat, here the place to sell drugs uric acid. About little discussion of obat asam urat, obat asam urat is best obat asam urat without chemicals. If you are bored with chemical drugs, do not worry because this is the obat asam urat without chemicals. Our products sell best obat asam urat. Many are already using obat asam urat and give a positive testimony. Obat asam urat best of the best

    BalasHapus
  10. Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.

    BalasHapus
  11. Bagi saudara yg lagi mencari kesembuhan yang bagus dan tanpa epeksamping saya rekomendasi kan coba lah brobat ke dokter yusuf, konsultasi dengan beliu langsung , dan ikuti saran beliau , saya merekomendasikan beliau karna saya ada pengalaman dengan penyakit ini dan setelah rutin konsultasi dan brobat dengan beliu akhir nya bisa sembuh , kalau ingin sembuh segera lah telp beliau ni no hp ny 0853-6167-5232.... kalau ingin tau lebih lanjut bisa hub no saya 0822-1976-6247. Semoga saran saya ini br manfaat bagi saudar yg cari kesembuhan serius trima kasih bpk putra.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia