Beribadah Umroh sekaligus Berwisata bersama Cheria Wisata

Belum lama ini di sejumlah media diberitakan jamaah umroh melaporkan sebuah biro perjalanan ke kantor polisi. Biro ini diduga melakukan penipuan dan penggelapan uang jamaah. Tidak sedikit lho, ada 133 jamaah yang melapor. Biro tersebut memundukan jadwal keberangkatan lalu membatalkan perjalanan umroh dengan alasan visa belum turun. Bagaimana reaksi masyarakat kita dengan hal ini? Mungkin banyak yang menganggap berita "biasa" karena memang bukan yang pertama kali. Atau mungkin berita ini tenggelam oleh berita lain yang lebih menguras emosi seperti berita politik menjelang Pemilu yang berlangsung tidak lama lagi. Padahal, hal ini menjadi sangat penting karena menyangkut kepentingan banyak pihak. 

Secara bahasa umrah artinya berziarah, adapun secara syar’I adalah berziarah ke baitullah dengan melaksanakan Thawaf, Sa’I antara Shafa dan Marwah serta Tahallul yang ditandai dengan mencukur gundul rambut kepala atau memendekkannya.
Waktu pelaksanaan umrah adalah hari-hari sepanjang tahun tanpa pengecualian, namun jika dilaksanakan pada bulan Ramadhan maka lebih afdhal. Bahkan Rasulullah SAW menyebutkan bahwa ibadah umrah di bulan Ramadhan setara ganjarannya daengan ibadah haji. Walau demikian, keutamaan ini tidak menjadikan gugurnya ibadah haji bagi mereka yang belum berhaji.


Menurut info dari Kemenag , saat ini jumlah daftar tunggu calon haji di tanah air mencapai 2 juta orang, termasuk mereka calon jamaah khusus (dahulu ONH Plus) sejumlah 76 ribu orang. Padahal kuota jamaah khusus setiap tahun hanya 17 ribu, sehingga masa tunggu keberangkatan sampai 6-7 tahun. Bahkan, menurut info dari Cheria, antrian daftar tunggu haji reguler sudah sampai tahun 2023. Lama bangeeeett. Antrian yang panjang tidak membuat animo masyarakat surut. Haji adalah salah satu rukun Islam, mahalnya biaya dan antrian yang panjang bukanlah penghalang. Ibarat pepatah, banyak jalan menuju roma. Tidak ada yang tahu sampai kapan usia kita, maka umroh menjadi solusi penawar rindu kaum muslimin ke Baitullah. Labbaik Allahumma Labbaik,  kami memenuhi dan akan melaksanakan perintah-Mu ya Allah.


Baitullah (sumber: dari sini)

Pertengahan tahun 2013 lalu, bapak beruntung bisa kembali mengunjungi Baitullah untuk umrah setelah melaksanakan ibadah haji 8 tahun yang lalu. Sebelum bapak berangkat umroh, beberapa saudara kami juga ada yang melaksanakan umroh. Masalah kecil sempat terjadi, seperti mau pake biro perjalanan umroh yang mana, mengingat banyak iklan biro perjalanan dimana-mana, lalu kenapa biaya masing-masing biro berbeda? dan yang tak kalah penting, bironya aman dan terpercaya ga?
Dari pengalaman suami dan bapak yang pernah melaksanakan haji dan umroh, saya menarik kesimpulan, dalam memilih biro perjalanan, setidaknya mempertimbangkan beberapa hal seperti mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya baik melalui katalog, brosur, datang langsung ke kantor maupun mengunjungi website dan social media. Testimoni dari pihak lain juga dapat menjadi pertimbangan kita memilih biro perjalanan umroh, dan yang tak kalah penting, jangan tergiur oleh harga murah dan janji untuk diberangkatkan segera
Pada intinya, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar perjalanan ibadah umroh kita aman dan berkesan. Lalu biro seperti apa yang recommended?

Hilangkan kekhawatiran akan biro perjalanan yang tidak amanah.  Mari tumbuhkan sugesti positif dan semangat beribadah umroh ke Baitullah. Karena Cheria Wisata akan mengantarkan kita dengan aman dan nyaman.
Cheria Wisata Tour Travel baru berdiri tahun 2012 sebagai Biro Perjalanan dan Penyelenggaraan Haji ONH Plus dan Umroh serta Tour Wisata Muslim dalam payung hukum PT CHERIA (SIUP : 2365/2012 dan Depag RI Ijin Umroh Depag RI No. D/ 816-2012, Ijin Ibadah Haji Khusus Depag RI No. D/355. Meski belum lama berdiri tapi sekarang Cheria sudah memiliki 4 cabang di Pekanbaru, Bogor, Bandung dan Manado. Sedangkan pusatnya sendiri ada di Jakarta selatan. Aman dan terpercaya kan?


Apa aja pilihan Paket Umrohnya?
Lama menunggu daftar antrian haji, kenapa tidak umroh saja. Ada banyak pilihan yang ditawarkan seperti paket promo umroh reguler selama 9 hari dan Paket Umroh plus.  Plus apa? Plus wisata, jadi kita bisa beribadah sekaligus mensyukuri nikmat Allah dengan menginjakkan kaki di bumi Allah yang lain. Yuk kita lihat satu-persatu. 
  1. Paket Promo Umroh 2014
Nah, untuk yang ingin berangkat umroh di tahun 2014 ini bisa memanfaatkan paket promo umroh dari Cheria Travel.
Paket Umrah Reguler 2014 bersama Cheria ini dilaksanakan selama sembilan hari, dimana jadwal keberangkatan tersedia setiap bulannya di sepanjang tahun. Kota tujuan Paket Umroh Reguler 2014 adalah kota Makkah, Madinah dan Jeddah.
Paket ini dibagi menjadi dua waktu :
a. Paket Umrah Reguler Awal 2014 dimana jadwal keberangkatan dilaksanakan pada bulan :
  • Januari (tanggal 18-27 Januari)
  • Fabruari (tanggal 8-16 Februari)
  • Maret (tanggal 8-16 Maret)
b. Paket Umrah Reguler Pertengahan 2014 dimana jadwal keberangkatannya dilaksanakan pada bulan :
  • April (tanggal 17-25 April)
  • Mei (tanggal 12-20 Mei)
  • Juni (Paket Liburan Sekolah / tanggal 23 Juni – 01 Juli)
  • Desember (tanggal 15-23 Desember)
c. Paket Umroh Ramadhan 2014
Bulan ramadhan adalah bulan mulia dan penuh keberkahan dan kemuliaan. Ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh oleh Ibnu Abbas.
فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِيْ، فَإِنَّ عُمْرَةً فِيْهِ تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِيْ
“Jika datang bulan Ramadhan, maka lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, sepadan nilainya dengan haji bersamaku.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Untuk mengakomodasi niat suci masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan, Cheria Travel menyelenggarakan Paket Umrah Ramadhan 2014, yang terbagi dalam tiga sesi, yakni Awal Ramadhan (dilaksanakan selama 9 hari dan waktu pelaksanaan 28 Juni-06 Juli 2014), Tengah Ramadhan (dilaksanakan selama 9 hari dan waktu pelaksanaan 08 Juli-16 Juli 2014), dan Akhir Ramadhan (dilaksanakan selama 15 hari dan waktu pelaksanaan 16 Juli - 30 Juli 2014) . Untuk umroh akhir ramadhan, jamaah bisa memilih untuk I'tikaf di Makah atau I'tikaf di Madinah.
2. Paket Umroh Plus 2014
Sambil menyelam minum air, menunaikan ibadah ke Baitullah sekaligus bertadabbur alam. Tadabbur alam adalah memahami dan merenungkan makna ciptaan Allah akan alam semesta. Dengan bertadabbur alam, kita bisa melihat, merasakan dan memahami keharmonisan alam semesta yang semuanya tunduk dan bertasbih pada ketetapan Allah. Setelah mengisi relung jiwa dan bathin dengan kekhusukan beribadah di tanah Haram, kita berelaksasi melepaskan diri sejenak dari penatnya hidup, melihat tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi akan menambah ilmu, pengalaman, sekaligus rasa syukur sehingga berwisatapun bernilai ibadah. Dalam paket Umroh plus 2014 ini, Cheria Travel menawarkan 4 destinasi wisata yaitu Dubai, Turki, Eropa dan Aqsa. 
a. Paket Umroh Plus Tour Dubai 2014


Siapa yang tidak ingin melancong ke Dubai sih? Hampir semua traveller sejati, pasti berharap bisa berkunjung ke Dubai. Eksotisme alam yang menawan dan bangunannya yang megah dan menakjubkan telah membuat mata dunia tertuju pada kota yang terletak di Uni Emirat Arab ini. Siapa saja yang berkunjung ke kota ini pasti ingin kembali lagi. Jadwal keberangkatan bisa kita pilih di tanggal berikut:
  • Tanggal 08-18 Februari 2014
  • 23 April-04 Mei 
  • 22 Juni-03 Juli
  • 24 Juli- 04 Agustus
  • 22 Desember - 02 Januari 2015
b. Paket Umroh Plus Tour Turki 2014
 Kota Istanbul Turki

Turki memang tidak ada duanya, negara dengan wisata pantai, bangunan kuno hingga peninggalan bernilai sejarah tinggi menobatkan negara ini menjadi tujuan wisata favorit wisatawan dari berbagai penjuru dunia.
 Hagia Sophia

Sehingga, setiap wisatawan yang berkunjung ke Turki tidak hanya disuguhkan dengan keindahan kota dan bangunan yang bersejarah, namun juga dapat mempelajari histori antar agama yang pernah berkembang di Turki, seperti Hagia Sophia yang telah menyimpan sejarah dua agama terbesar di dunia, yakni Islam dan Kristen.
 Topkapi

 Jadwal Keberangkatan Umroh plus Tour Turki ini ada delapan waktu yaitu:
  • Tanggal 08 - 17 Januari 2014
  • Tanggal 08 - 17 Februari 2014
  • Tanggal 23 Maret - 03 April 2014
  • Tanggal 13 - 23 April 2014
  • Tanggal 15 - 25 Mei 2014
  • Tanggal 22 Juni - 03 Juli 2014
  • Tanggal 19 - 30 Juli 2014
  • Tanggal 16 - 27 Desember 2014
c. Paket Umroh Plus Tour Eropa 2014


Jika selama ini kita sering melihat destinasi wisata di berbagai negara di Eropa, bersama Cheria Wisata, kita bisa mewujudkan keinginan melihat keindahan ciptaan Allah di belahan bumi Eropa. Ada 4 negara yang menjadi tujuan wisata yaitu Jerman, Belgia, Prancis dan Belanda.



Setelah melaksanakan ibadah umroh, kita langsung berwisata ke Eropa. kita dapat melakukan photo stop di Frankfurt Cathedral dan Romerberg, alun-alun kota dengan pemandangan rumah khas Jerman yang sangat unik dan indah.shopping di sekitar Cathedral Koln yang banyak menyajikan makanan dan pernak-pernik unik khas kota Koln dan Jerman, berfoto menggunakan pakaian tradisional Belanda,  dari Belanda, kita melanjutkan perjalanan ke Belgia dan  “Walking Tour” ke kota tua untuk mengunjungi  Grand Palace,  dan lambang kota Brussels Patung Manneken Pis



Di Paris, kita akan diajak masuk ke Menara Eiffel hingga tingkat ke-2, dimana kita dapat menikmati keindahan kota Paris yang sangat termahsyur dari atas. Melewati dan menikmati berbagai tempat-tempat yang sangat indah di Paris, seperti Museum Louvre, Arc De Triomphe, Champs Elysees, Place De La Concorde, Terowongan Pont De Alma, Des Invalides, Sungai Seine dan Gedung Opera  dengan arsitekturnya yang unik. Dan sekembalinya ke tanah air membawa pengalaman luar biasa, sarat nilai ibadah, ilmu, penuh inspirasi, dan tentunya pulang dengan hati gembira.

d. Paket Umroh Plus Aqsa 2014



Menurut Wikipedia, Istilah "Masjid al-Aqsa" dalam Islam tidaklah terbatas pada masjid saja, melainkan meliputi seluruh Al-Haram Asy-Syarif (Bukit Bait Suci). Masjid ini dikenal sebagai rumah ibadah kedua yang dibangun setelah Masjid Al-Haram di Mekkah. Imam Muslim menyampaikan hadits yang diriwayatkan dari Abu Dzar Al-Ghifari:
Saya bertanya kepada Rasulullah saw. mengenai masjid yang mula-mula dibangun di atas bumi ini.
Rasulullah saw. menjawab: "Masjid Al-Haram".
Saya bertanya: "Kemudian masjid mana?"
Rasulullah saw. menjawab: "Masjid Al-Aqsa".
Saya bertanya: "Berapa jarak waktu antara keduanya?"
Rasulullah saw. menjawab: "Empat puluh tahun. Kemudian seluruh bumi Allah adalah tempat sujud bagimu. Maka di manapun kamu mendapati waktu salat, maka salatlah".
Selama perjalanan malamnya menuju Baitul Maqdis (Yerusalem), Nabi Muhammad mengendarai Al-Buraq dan setibanya di sana beliau salat dua rakaat di Bukit Bait Suci. Setelah selesai salat, malaikat Jibril membawa Nabi Muhammad SAW naik ke surga, di mana beliau bertemu dengan beberapa nabi lainnya, dan kemudian menerima perintah dari Allah yang menetapkan kewajiban bagi umat Islam agar menjalankan salat lima waktu setiap harinya. Nabi Muhammad SAW kemudian kembali ke Mekkah.


 Masjid Al Aqsha (sumber dari sini)

Maimunah binti Sa’ad dalam hadits tentang berziarah ke Masjid Al-Aqsa menyebutkan: "Ya Nabi Allah, berikan fatwa kepadaku tentang Baitul Maqdis". Nabi Muhammad SAW berkata, "Tempat dikumpulkannya dan disebarkannya (manusia). Maka datangilah ia dan salat di dalamnya. Karena salat di dalamnya seperti salat 1.000 rakaat di selainnya". Maimunah berkata lagi: "Bagaimana jika aku tidak bisa". "Maka berikanlah minyak untuk penerangannya. Barang siapa yang memberikannya maka seolah ia telah mendatanginya." 

 Kubah Shakhrah / Dome of the Rock (sumber dari sini)

Kubah Shakhrah atau biasa disebut Dome of the rock (arti harfiah"Kubah Batu") adalah tempat suci umat Yahudi dan Islam dan marka tanah utama yang terletak di tengah-tengah di dalam tembok kompleks Al-Haram asy-Syarif, kompleks ini sendiri berada dalam tembok Kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur). Kubah Shakhrah ini selesai didirikan tahun 691, menjadikannya bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia. Di dalam kubah ini terdapat batu Ash-Shakhrah yang menjadi tempat paling suci bagi umat Yahudi.

Kubah Shakhrah bukanlah sebuah masjid, sebaliknya, merupakan sebuah kompleks yang terdapatnya sebuah batu besar yang dikatakan tempat Nabi Muhammad berdiri ketika peristiwa Isra dan Mi'raj. Qubbat As-Sakhrah terletak di Baitulmuqaddis di kawasan Al-Haram asy-Syarif. Qubbat As-Sakhrah bukanlah Masjid Al-Aqsa karena Masjid Al-Aqsa terletak tidak jauh daripada bangunan ini. Qubbat Al-Sakhrah seringkali disalahartikan sebagai Masjid Omar yang merupakan tempat Umar bin Khattab bersalat ketika tiba di Baitulmuqaddis.


Adapun jadwal keberangkatan paket Umroh plus Al-Aqsa ini sebagai berikut:
  • 25 Mei - 07 Juni 2014 (14 hari)
  • 22 Juni - 03 Juli 2014 (Paket ramadhan dan liburan, berlangsung selama 14 hari)
  • 22 Desember 2014 - 04 Januari 2015 (Paket Liburan dan tahun baru, berlangsung selama 14 hari )
Melihat destinasi wisata yang ditawarkan Cheria Wisata rasanya semua tempat ingin dikunjungi ya, namun karena tujuan utama adalah umroh, maka sebelum berangkat kita perlu paham terlebih dahulu tentang syarat, rukun dan wajib umroh. 
  • Syarat Umroh yaitu: Islam, baligh (dewasa), berakal,merdeka, dan mampu
  • Rukun Umroh yaitu: Niat ihrom, thawaf , shai, tahallul, tertib
  • Wajib Umroh yaitu: Niat Ihram di Miqat,Meninggalkan larangan selama Ihram
Selain syarat, rukun dan wajib umroh kita tentu harus tahu apa saja larangan selama Ihram. Selama Ihram kita dilarang:
Semoga kita menjadi hamba Allah yang beruntung bisa melaksanakan panggilan Allah ke Baitullah dan semoga mendapatkan umroh maqbulloh. Amiin


Untuk mengetahui info Paket Umroh Reguler dan Paket Umroh Plus ini, kita dapat menghubungi langsung ataupun bersilaturahim ke :

PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji & Tour Muslim Halal Syariah
Gedung Twink Lt. 3
Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telepon : 021 - 7900 216 (Hunting)
Mobile : 021 444 610 74


Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kubah_Shakhrah
http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/keutamaan-umrah.html


 Tulisan ini diikutsertakan pada Blog Contest “Umrah Plus Bersama Cheria” yang diadakan oleh Cheria Tour & Travel.


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. investasi properti khusus nya apartemen sangat banyak di minati oleh investor karena potensi income yang tinggi, buat sahabat yang mau pasang iklan properti silakan kunjungi
    Investasi Properti

    BalasHapus
  3. pengalaman yang sangat menarik kak, cek juga paket paket umroh plus di website travel umroh terbaik di Jakarta. Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia