NAMA DALAM DOA DAN ASA



Membuat nama anak itu seru. Pilah-pilih, mencari dari berbagai sumber, dan akhirnya ketemu. Wah, rasanya amazing melihat buah hati lahir dan memberinya nama yang menjadi bagian dari kewajiban kita sebagai orang tua. Bukan sekedar nama, tapi untaian doa bagi si anak untuk masa depan dunia dan akhiratnya.
 Selama hamil pertama, meski tiap bulan USG tidak kelihatan jenis kelaminnya, tapi perut saya terlihat “mancung” dan banyak yang memprediksi kalau bayi kami laki-laki dan mulailah kami merencanakan nama buah hati. Saya minta jika laki-laki diawali nama Ahmad artinya hamba Allah yang terpuji dan mulia. selain itu nama ini merujuk pada nama Nabi Muhammad SAW yang bermakna sama dengan Ahmad.  Saya juga memilih Nurul Musthofa artinya cahaya pilihan. Nurul Musthofa adalah salah satu gelar Nabi Muhammad SAW selain itu Musthofa  adalah nama abinya. Alasan lain, selama hamil baby selalu diperdengarkan murotal, shalawat, hadroh dan lagu Arab.  saat mendengar lagu “Nurul Muthofa” dari Haddad Alwi dan Sulis kok rasanya seneng sekali. Ini adalah lagu pujian untuk Rasulullah. Suami saya menambah Aisya   yang berarti kehidupan mulia atau berarti juga penghidupan yang mulia mengingat secara ekonomi saat itu kami belum stabil. Jadilah nama bayi pertama kami Ahmad Aisya Nurul Musthofa yang berarti hamba  Allah yang berakhlak terpuji, berkehidupan mulia dan menjadi cahaya pilihan. Kami memanggilnya Isya. Sebenarnya ibu sempat komplain, kok namanya Aisya ntar dikira nama cewek? Tapi menurut harfiah aisya itu merujuk laki-laki dan untuk perempuan adalah Aisyah. Cuma kenapa sekarang penggunaan nama perempuan menghilangkan “h” ya?
                Saat Isya berusia 2 bulan, dokter mendiagnosa Isya terkena hernia. Setelah mencoba berbagai pengobatan akhirnya kami memutuskan operasi sebagai solusi terakhir saat usia Isya 17 bln. Sebulan paska operasi saya positif hamil kedua. Lucunya begitu ketahuan hamil malamnya Isya tidak mau ASI dan langsung mau minum sufor. Alhamdulillah. Hamil kedua ini saya juga suka pedas dan perut agak “mancung”, dugaan akan menimang bayi laki-laki pun kembali muncul.saya sih pasrah laki-laki perempuan sama saja. Apalagi di USG juga si baby pemalu jadi ga kelihatan deh.
                Di kehamilan kedua ini kami mempercayakan pada bidan yang sama saat melahirkan Isya. Dari periksa hamil, melahirkan, hingga imunisasi. Perkiraan si baby akan lahir tanggal 14 Agustus 2012. Kami menyiapkan 2 nama. Jika laki-laki namanya Ahmad Azka Habibil Musthofa. Untuk artinya sendiri, Ahmad adalah hamba Allah yang terpuji Azka berarti suci (karena ia diprediksi lahir di bulan Syawal) dan Habibil Musthofa juga merujuk pada Rasulullah yang berarti kekasih Allah yang terpilih. Saat hamil saya suka sekali nama habibi atau habibah. Dan lagi-lagi saya terinspirasi oleh sholawat  yang  berjudul Madaihuna (pujian) syairnya  ada yang berbunyi “Maulaya sholli ‘ala  habibikal musthofa…” . dan ternyata bayi kedua kami perempuan. Jadilah nama bayi kedua kami Aliyah Himda Habibah. Aliyah berarti perempuan yang memiliki kedudukan tinggi. Selain itu Allah memiliki nama Yaa Aliy artinya Allah Yang Maha Tinggi. Himda berarti akhlak terpuji (masih seakar kata dengan  Ahmad/Muhammad). Himda juga berarti puji syukur karena ia selamat meski lahir dengan ketuban kering dan terlide ilit tali pusar. Habibah berarti kekasih. kami semoga baby menjadi Harapan perempuan sholihah yang berakhlak terpuji, memiliki kedudukan  tinggi dan dicintai.
Untuk mba Armita saya memberi ide nama Ahmad Makinun Amin.  Makinun Amin adalah adalah gelar untuk Nabi Yusuf (QS. Yusuf:54).

  
dan raja berkata: "Bawalah Yusuf kepadaKu, agar aku memilih Dia sebagai orang yang rapat kepadaku". Maka tatkala raja telah bercakap-cakap dengan Dia, Dia berkata: "Sesungguhnya kamu (mulai) hari ini menjadi seorang yang berkedudukan Tinggi lagi dipercayai pada sisi kami".

 Seperti kita tahu, Nabi Yusuf AS diselamatkan Allah dari kedengkian saudara dan nafsu wanita. Nabi Yusuf juga seorang yang pandai menjaga dan berpengetahuan (QS. Yusuf:55). Harapan saya semoga buah hati mba Armita menjadi anak sholeh yang diselamatkan dari fitnah-fitnah dunia, memiliki kedudukan mulia di sisi Allah dan manusia hingga khusnul khotimah pada akhirnya. Amin                                                 

“BEAUTIFUL NAME FOR SMART BABY by Armita Fibriyanti

Komentar

  1. nama yang inspiratif bund.. bagus :)
    Nama adik saya juga ada Ahmad-nya, panjangnya Akhmad Fuadi.
    thanks for joining ya,, nanti saya rembugan dulu dg suami ya

    BalasHapus
  2. wah..tamu pertama saya..mksh sdh berkunjung
    iya mba..rembugan dulu ma calon bapaknya baby..
    nama yg disarankan bagus-bagus ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 KEHAMILAN, 3 PENGALAMAN MENAKJUBKAN

Jamu, Menyingkap Sejarah Kesehatan Nenek Moyang Indonesia