Star Hotel Semarang: Menginap dan Menikmati Sensasi Berenang di Kolam Renang Terbuka Tertinggi di Indonesia

Assalamualaikum..

Masih di pengalaman perjalanan bulan Januari. Setelah menginap di Patra Hotel Semarang, kami melanjutkan menginap di Star Hotel. Sengaja kami pindah hotel untuk mendapatkan suasana dan pengalaman baru. Dan karena anak-anak sukanya main air, jadi suami cari referensi hotel dengan fasilitas kolam renang, dan akhirnya menjatuhkan pilihan ke Star Hotel. Hotel ini yang paling terasa ribetnya adalah masalah lokasi dan area parkir. Parkirannya agak sempit, staff nya kurang sehingga agak repot mencari tempat parkir di basement.

Kami tiba di hotel menjelang maghrib, begitu memasuki area hotel, 2 staff langsung datang dan membantu membawakan barang-barang. Selagi suami parkir kendaraan di basement, saya, anak-anak dan ibu mertua menunggu di lobby. Tidak jauh dari tempat kami duduk, mengalun merdu alunan piano diiringi rintik-rintik hujan menyambut malam. Sebelumnya kami memesan kamar di Superior Room dengan rate Rp. 365,303 di Traveloka tanpa sarapan. Selepas chek-in, kami lalu menuju kamar yang kami tempati di lantai 15. Hotel ini memiliki 30 lantai, dengan kolam renang di lantai 30. Hotel yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah pada 12-12-2012 ini  mendapatkan penghargaan oleh  Museum  Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai kolam renang terbuka tertinggi  di hotel Indonesia. Hotel ini memiliki empat tipe kamar yaitu superior, deluxe, suite dan junior suite.

. Dari lobby utama, kita menuju ke lift. Interior hotel bernuansa modern dan minimalis dengan dominan warna gelap. Kamar yang kami tempati tipe Superior, saat kami masuk ternyata kamarnya tidak terlalu luas. Kamar mandi ada di sebelah kanan pintu, dan lemari di sebelah kiri. Terdapat dua single bed, masing-masing bed dilengkapi sebuah bantal dan bantal sofa kecil. Diantara tempat tidur terdapat meja kecil berlaci. yang dilengkapi lampu baca dan juga colokan listrik. Di laci meja disediakan Al-Quran. Untuk keluarga kecil sebenarnya kamar ini cukuplah untuk sekedar menginap, tapi untuk shalat susah. Arah kiblat ke sudut ruangan sementara space yang tersedia sempit sekali, antara tempat tidur dan meja. AC dalam kamar juga agak 'berisik'. Di depan tempat tidur  terdapat layar tivi dan work desk

Star Hotel terletak di jantung kota Semarang Selatan. Star Hotel sendiri adalah hotel berbintang 4 yang berlokasi di Jl. MT. Haryono No. 972 Lamper Kidul Semarang. Hotel ini berada tida jauh dari pusat kota Semarang, bahkan kita hanya perlu jalan kaki untuk sampai ke Java Supermall. Dari kamar terlihat langsung pemandangan di bawah. Bagaimana rasanya menginap di lantai 15. Kata ibu mertua, ''merinding''. Tapi buat saya dan anak-anak seru, bisa lihat pemandangan di Semarang Selatan dari balik jendela kaca. Apalagi saat itu sedang hujan gerimis, tampak kendaraan berlalu lalang dan kerlap kerlip lampu malam di balik jendela yang berkabut.

Pemandangan saat malam

Pemandangan saat pagi

Fasilitas kamar mandi juga lengkap.Tersedia toiletries, shower dengan air dingin dan hangat, tempat sampah dan hairdyer, sayangnya handuk yang tersedia agak kurang bersih dan agak apek. Bath up tersedia di kamar suite saja. Di kamar mandi juga tidak tersedia keran, sehingga bisa memanfaatkan jet shower atau wastafel untuk wudhu.

Karena sudah lelah setelah aktifitas seharian, malamnya kami langsung nyenyak tidur. Pagi hari, saat membuka gordyn, langsung bisa menikmati pemandangan Semarang di pagi hari.

Rencananya pagi ini kami ingin ke Sky Swimming Pool yang menjadi kelebihan hotel ini. Menurut informasi dari internet, kolam renang ini kadang juga dipakai untuk acara ulang tahun atau pernikahan. Tema outdoor, berada di ketinggian didukung view yang bagus memang bisa menjadi pilihan untuk sebuah acara yang menarik.  Namun kapasitasnya sekitar untuk 300 tamu saja.

Setelah jalan-jalan di kolam renang, kami mengantar ibu ke terminal karena akan kembali ke Jepara, setelah itu kami memilih sarapan di luar hotel menikmati soto Semarang yang khas itu.

Sekembalinya ke hotel, saya, suami dan anak-anak segera ke Sky Swimming Pool, dan ternyata di sana sudah ramai pengunjung. Baik di kolam renang maupun di  Sky pool bar. Sky Swimming Pool terdiri dari kolam renang anak dan dewasa. Anak-anak langsung nyemplung ke kolam, suami langsung ke kolam dewasa, meski sudah ada kolam khusus anak tetaplah anak-anak harus dalam pengawasan orang tua. Saya mengawasi anak-anak sambil bersantai di Sky pool bar, eh ternyata saya tidak sendirian. Ada seorang ibu yang juga sedang menunggui putranya berenang. Saya pun berkenalan dengan Bu Kusuma dari Surabaya, dan putranya yang bernama Putra. Putra juga sempat berenang bersama Isya, Himda dan Navid. Menurut Bu Kusuma, jika ada kekurangan di kamar hotel kita bisa minta pindah kamar ke resepsionis.

Sky Swimming Pool ini cocok untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga.  Anak-anak suka banget main air dan berenang, meski kolam renangnya di lantai atas, kita tida perlu takut jatuh. Ada pengaman di pinggir kolam, selain itu ada juga spot untuk foto-foto.

Setelah berenang, kita kembali ke kamar dan bersiap-siap untuk check-out. Ternyata ada barang yang kami butuhkan, sehingga kami turun menuju Java Mall berada tidak jauh dari hotel. Di depan hotel terdapat penjual makanan snack, berderet berbagai toko, enak banget buat jalan-jalan atau sekedar kulineran. Hotel lumayan ramai dengan tamu saat kami menginap. Sebagai hotel bintang 4, rate kamar yang kai tempati sekitar 400 ribuan per malam. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, pengalaman menginap di hotel yang menawarkan view  di ketinggian ini benar-benar berkesan untuk kami sekeluarga. Anak-anak sangat menikmati berenang di Sky Swimming Pool nya, dan lokasinya yang strategis cukup memudahkan untuk kami melanjutkan perjalanan ke lokasi berikutnya.